Gejala Lupus yang Sering Diabaikan

Torie Natalova    •    Kamis, 03 May 2018 13:45 WIB
lupus
Gejala Lupus yang Sering Diabaikan
Penyakit lupus yang diderita Selena Gomez seringkali disalahpahami. Lupus, kependekan dari lupus eritematosus sistemik yang memengaruhi sekitar 1,5 juta orang Amerika. (Foto: Courtesy of Prevention.com)

Jakarta: Penyakit lupus yang diderita Selena Gomez seringkali disalahpahami. Lupus, kependekan dari lupus eritematosus sistemik yang memengaruhi sekitar 1,5 juta orang Amerika. Penyakit ini terjadi ketika ada yang salah dengan sistem kekebalan tubuh.

Biasanya, sistem kekebalan menghasilkan antibodi yang melindungi kita dari virus dan bakteri. Tetapi, pada penderita lupus sistem kekebalan tidak bisa menguraikan kuman berbahaya dari jaringan yang sehat.

Pada gilirannya, ini dapat menciptakan protein yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit, juga merusak jaringan yang sehat seperti kulit, sendi, jantung, paru-paru, dan ginjal.

Lupus tidak mudah didiagnosis karena gejala pada setiap pasien bisa berbeda-beda. Selain itu, gejalanya sering menyerupai penyakit lain. Di sisi lain, beberapa dokter tidak berpikir tentang lupus ketika mereka melihat pasien dengan gejala umum seperti nyeri sendi dan kelelahan.

Meski tidak ada obat untuk lupus, ini dapat dikelola dengan kombinasi obat dan perubahan gaya hidup. Ketahui beberapa gejala umum yang sering melanda penderita lupus seperti berikut ini.

1. Ruam bentuk kupu-kupu
Ruam dengan bentuk menyerupai kupu-kupu yang membentang di hidung dan pipi, adalah salah satu tanda lupus. Sekitar 30 persen pasien dengan lupus memiliki ruam ini.

2. Demam yang tidak hilang
Demam bisa jadi tanda peradangan. Jika Anda mengalami demam yang tidak sembuh atau terus kambuh, segera kunjungi dokter.

3. Ruam atau luka di luka di kulit setelah keluar ruangan
Orang dengan lupus bersifat fotosensitif berarti kulit mereka sangat sensitif terhadap sinar matahari. Paparan sinar UV dapat memicu gejala lupus atau munculnya penyakit. Ruam akan muncul di area tubuh yang terkena sinar matahari.


(Penderita lupus dapat mengalami kerontokan yang membuat kepala pitak atau botak kecil. Kulit kepala mengalami penipisan dan terkadang ruam berkembang di daerah yang botak. Foto: Shamim Nakhai/Unsplash.com)

(Baca juga: 6 Fakta Seputar Penyakit Lupus yang Diderita Selena Gomez)

4. Sakit atau kaku pada sendi
Gejala lupus mirip dengan rheumatoid arthritis yang dapat menyebabkan nyeri sendi dan kekauan di tangan, pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

5. Mengalami pembengkakan
Kembung di sekitar mata atau kelenjar getah bening yang membengkak bisa jadi gejala lupus.

6. Rambut rontok
Penderita lupus dapat mengalami kerontokan yang membuat kepala pitak atau botak kecil. Kulit kepala mengalami penipisan dan terkadang ruam berkembang di daerah yang botak.

7. Jari kaki dan tangan mati rasa
Banyak penderita lupus mengalami penyakit Raynaud yang memengaruhi pembuluh darah. Penyakit Raynaud pembuluh darah yang mengalirkan darah ke kulit menyempit, sirkulasi darah melambat, terutama ketika Anda kedinginan atau stres. Ini akan membuat tangan dan jari kaki mati rasa.

8. Dada terasa sakit
Penderita lupus biasanya akan mengalami sakit ketika batuk dan menarik napas yang dalam. Ini karena peradangan di selaput paru-paru. Lupus juga dapat meradang di selaput jantung yang juga dapat memicu rasa sakit di dada.

9. Sakit kepala
Lupus dapat menyerang otak dan sistem saraf. Orang-orang dengan lupus mungkin dua kali lebih mungkin mengembangkan sakit kepala mirip migrain karena peradangan pembuluh darah. Dan ketika lupus menyerang saraf, mereka dapat mengalami mati rasa atau kesemutan di motorik dan saraf sensorik.





(TIN)