Cokelat Hitam Bermanfaat Mengurangi Stres Ibu Hamil

Raka Lestari    •    Minggu, 29 Apr 2018 18:43 WIB
kehamilancokelat
Cokelat Hitam Bermanfaat Mengurangi Stres Ibu Hamil
Cokelat Hitam Bermanfaat Mengurangi Stres Ibu Hamil (Foto: shutterstock)

Jakarta: Mengalami stres terutama pada ibu hamil adalah sesuatu yang normal selama hal tersebut tidak terjadi berkepanjangan. Untuk menguranginya, Anda bisa mencoba untuk jenis-jenis makanan tertentu.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jenis cokelat tertentu dapat bermanfaat untuk mengurangi stres. Untuk itu, ketika Anda mengalami sedikit stres tidak perlu takut untuk mencoba cokelat.

Menurut Healthline, cokelat hitam atau dark chocolate mengandung jumlah serat larut yang cukup banyak dan mengandung banyak mineral. Kakao dan cokelat hitam bahkan mengandung lebih banyak antioksidan, polifenol, dan flavanol daripada buah-buahan.  Plus cokelat hitam dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah, meningkatkan HDL dan melindungi LDL terhadap oksidasi, dan juga dapat mengurangi resistensi insulin, faktor risiko umum untuk banyak penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes.

cokelat hitam juga dapat melindungi kulit Anda dari matahari dan meningkatkan fungsi otak juga. Menurut Science Daily, kakao adalah sumber utama flavonoid dan dapat mendukung kognitif, endokrin dan kesehatan kardiovaskular.

Lee S. Berk, seorang ahli makanan dari Loma Linda University mengatakan, "Selama bertahun-tahun, kita telah melihat pengaruh cokelat hitam pada fungsi-fungsi neurologis dari sudut pandang kandungan gula di mana semakin banyak gula, semakin bahagia kita,"

Ia juga melakukan penelitian yang melihat dampak dari sejumlah besar kakao dalam dosis sekecil cokelat batangan berukuran normal pada manusia dalam jangka pendek atau panjang.

Penemuannya tersebut menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam yang mengandung kakao dalam jumlah yang tinggi memiliki efek positif pada stres, memori, suasana hati, imunitas, dan peradangan apa pun. Tapi itu bukan berarti bahwa Anda bisa mengonsumsi seluruh cokelat. Menurut temuan tersebut, cokelat yang harus Anda konsumsi harus memiliki persentase kakao setidaknya 70 persen agar manfaatnya dapat berhasil.

 


(ELG)