Meditasi Bantu Redakan Sakit karena PMS

Raka Lestari    •    Selasa, 08 May 2018 16:12 WIB
kesehatan
Meditasi Bantu Redakan Sakit karena PMS
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Premenstruasi syndrome atau yang dikenal dengan PMS merupakan salah satu gangguan umum yang sering dialami wanita menjelang menstruasi. Beberapa gejalanya antara lain mudah marah, nafsu makan meningkat, sakit punggung, dan masih banyak lagi. 

Veronica Parker, guru yoga kundalini dan pelatih meditasi mengatakan bahwa banyak wanita menghadapi rasa sakit luar biasa selama menstruasi. Stres dan sakit pada akhirnya membuat wanita kelelahan.

"Penelitian ilmiah telah menunjukkan wanita di bawah tekanan tinggi lebih dari dua kali lebih mungkin mengalami rasa sakit saat menstruasi (dysmenorrhea)," jelas Parker dilansir dari Elite Daily. 

Parker mengatakan meditasi adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres, terutama ketika berhadapan dengan gejala-gejala yang menyakitkan. 

Ketika meditasi, respons relaksasi membuat Anda fokus pada tubuh. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Obstetrics and Gynecology, meditasi adalah pengobatan yang efektif untuk gejala pramenstruasi fisik dan emosional. 

Meskipun terkadang ada juga obat yang manjur untuk meringankan gejala PMS, berlatih meditasi selama periode PMS membantu signifikan mengatasi rasa sakit dan ketidaknyamanan. 

Cara meditasi yang disarankan oleh Parker pun sangatlah mudah.

"Tutup matamu dengan lembut, bawa satu tangan ke dada dan satu tangan di atas perutmu. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung sampai hitungan ke empat. Tahan napas selama empat detik. Kemudian hembuskan napas dalam empat hitungan." 

Parker menyarankan untuk mengulangi latihan ini minimal tiga kali ketika gejala PMS Anda yang rasakan tidak langsung hilang. 

Lihat video:




(DEV)