Tiga Kunci Sederhana agar Awet Muda dan Bahagia

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 14 Mar 2018 12:14 WIB
kecantikan
Tiga Kunci Sederhana agar Awet Muda dan Bahagia
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Pola makan sehat, cukup tidur, dan berpikir positif adalah kunci awet muda dan panjang umur yang paling ampuh. 

Menurut ahli gizi Neha Ranglani, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, makanan. Apa yang dikonsumsi akan berefek pada penampilan Anda di luar. 

Kemudian, apa dan bagaimana cara berpikir. Jika seseorang berfikir positif, makan ia akan lebih bahagia, dan hal itu berpengaruh pada kulit dan sel yang juga bahagia sehingga dapat memperlambat penuaan.

"Yang ketiga adalah tidur, yang sangat penting. Ketiga hal ini lah yang menentukan kemudaan Anda," jelasnya, seperti dilansir The Health Site. 

Sementara itu, ahli gizi lain Anju Ghei mengatakan bahwa makanan memiliki dampak langsung pada kesehatan fisik, mental, dan emosional.

"Pola makan yang seimbang akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk aktivitas sehari-hari. Total asupan kalori harian harus memperhitungkan tingkat aktivitas fisik sehari-hari," tukasnya. 

Buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian adalah jenis makanan sehat yang sangat dianjurkan. 

"Semakin alami dan sedikit proses memasak pada makanan yang Anda makan, semakin lambat penuaan terjadi karena tubuh mendapatkan nutrisi, vitamin, dan antioksidan yang membantu membentuk kolagen dan mengatur elastisitas kulit," papar Ranglani.

Dengan begitu, lanjutnya, sel akan pecah dan membaik lebih cepat dibandingkan hanya pecah namun tak membaik karena makanan tak sehat. 

Ghei menambahkan, mengurangi stres, tidur cukup dan baik, dan mengurangi asupan alkohol juga berpengaruh.

"Stres berkepanjangan dan respons alami dan evolusioner tubuh kita yang menyebabkan segala macam masalah kesehatan, termasuk penambahan berat badan," simpulnya. 

Hal-hal tersebutlah yang membuat seseorang hidup bahagia dan sehat.




(DEV)