5 Nutrisi Terbaik untuk Kesehatan Mental

Torie Natalova    •    Rabu, 06 Dec 2017 08:43 WIB
kesehatan mental
5 Nutrisi Terbaik untuk Kesehatan Mental
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Anda mungkin sudah tahu bahwa tubuh membutuhkan kalsium untuk tulang, serat untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan suplemen untuk meningkatkan kesehatan.

Namun, adakah nutrisi yang dapat membantu mengatasi atau mencegah masalah kejiwaan?

1. Asam lemak omega-3

Sumber asam lemak omega 3 sedikit demi seidikit dapat mengurangi depresi. Omega-3 bahkan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pasien Alzheimer.

2. Vitamin B

Asam folat dan vitamin B12 memberikan harapan bagi penderita depresi. Penipisan folat juga terlihat terjadi pada fase depreesi berat pada gangguan bipolar. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa mengonsumsi asam folat saat hamil dapat mengurangi risiko autisme hingga 40 persen.

3. Kolin

Penelitian menunjukkan bahwa kolin dapat membantu meningkatkan memori atau ingatan. Makanan yang mengandung kolin seperti susu, telur, ayam, salmon, udang, daging kepiting, kacang kedelai, kacang polong, dan tomat.

4. Magnesium

Untuk gangguan bipolar, magnesium oksida dapat membantu mengonversi 5-HTP untuk menenangkan serotonin. Magnesium juga dapat mengatasi perubahan mood pada wanita yang sedang mengalami pre menstrual syndrome (PMS). Makanan yang mengandung magnesium seperti edamame, almond, bayam, oatmeal, dan nasi merah.

5. Vitamin D

Masalah pada otak seperti penyakit Alzheimer pasti berhubungan dengan tingkat vitamin D yang rendah. Penelitian sebelumnya menemukan hubungan antara kekurangan vitamin D dan kelainan afektif musiman atau depresi akibat musim dingin.

Penelitian terdahulu juga menunjukkan bahwa tingkat vitamin D yang rendah dapat mempercepat perkembangan penyakit Parkinson, sementara kurang vitamin D selama hamil meningkatkan risiko anak terhadap autisme.




(DEV)