6 Makanan yang Tak Memiliki Batas Kadaluarsa

Raka Lestari    •    Minggu, 03 Dec 2017 13:31 WIB
tips kesehatan
6 Makanan yang Tak Memiliki Batas Kadaluarsa
(Foto: Reader Digest)

Jakarta: Memerhatikan tanggal kadaluarsa makanan adalah hal yang harus dilakukan pertama kali sebelum mengonsumsinya. Beberapa makanan seperti roti atau susu memiliki batas kadaluarsa yang relatif singkat. Namun, ternyata ada juga makanan dengan batas kadaluarsa yang panjang, bahkan tak memiliki batas kadaluarsa.
.

Berikut seperti dilansir dari Reader's Digest.

1. Madu alami

"Madu sering digunakan untuk perawatan luka di beberapa budaya dan studi karena kemampuannya melawan bakteri secara alami," kata Dr. Elizabeth Trattner A.P. DOM, dokter Pengobatan Cina dan Integratif. Madu juga dianggap tidak akan pernah kadaluarsa. Para arkeolog pernah menemukan madu dalam sebuah wadah yang telah berusia 3000 tahun dan masih bisa dimakan. Menurut Smithsonian,  kadar gula, tingkat kelembaban rendah, keasaman berlebih, asam glukonat alami dan hidrogen peroksida alami adalah kunci umur panjang makanan ini, tetapi hanya jika Anda menyimpannya dengan benar.

2. Cuka

Menurut Eat By Date, cuka putih, cuka balsamik, cuka raspberry, cuka anggur beras, dan cuka anggur merah juga tidak memiliki tanggal kadaluarsa.

"Karena sifat asamnya, cuka bersifat mengawetkan diri sendiri dan tidak memerlukan pendinginan," menurut The Vinegar Institute.

3. Tepung maizena

Selama tidak basah  yang menyebabkan molekul pati berikatan dengan molekul hidrogen  dan disimpan di tempat yang kering dan sejuk, tepung maizena dapat disimpan dalam waktu yang sangat lama.

4. Garam

Garam sering digunakan untuk melindungi makanan dari jamur dan bakteri sehingga bisa diawetkan lebih lama. Ini terjadi sebagai akibat dari osmosis, di mana kandungan air pada makanan diambil oleh garam itu sendiri, sehingga menciptakan lingkungan yang terlalu kering untuk jamur dan bakteri berkembang.

5. Gula

Mirip dengan garam, gula juga bisa bertahan selamanya jika dijauhkan dari kelembaban dan sumber panas. Menurut Eat By Date, gula pasir putih, gula putih, gula mentah, gula merah, gula bubuk, pengganti gula, semuanya tidak bisa kadaluarsa. Meski teksturnya mungkin berubah, gula tidak pernah habis.

6. Ekstrak vanila murni

Karena ekstrak vanila murni mengandung alkohol yang dapat membantu memperpanjang umur simpannya. Ekstrak vanila buatan tidak memiliki alkohol sebanyak ekstrak vanila murni. Jadi selama ekstrak vanila Anda murni dan ditutup dengan benar sehingga tidak ada bakteri yang bisa masuk ke dalam botol, Anda bisa menyimpannya dalam waktu yang sangat lama.




(DEV)