ASI Seorang Ibu Berubah Menguning, Ini Penyebabnya

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 25 Oct 2017 17:19 WIB
air susu ibu
ASI Seorang Ibu Berubah Menguning, Ini Penyebabnya
Unggahan seorang ibu di Pensnsylvania, Amerika Serikat, yang merasa warna ASI berubah menjadi kuning di media sosial Facebook menjadi viral. (Foto: Ashlee Chase)

Metrotvnews.com, Jakarta: Unggahan seorang ibu di Pensnsylvania, Amerika Serikat, yang merasa warna ASI berubah menjadi kuning di media sosial Facebook menjadi viral.

Ashlee Case mengungkapkan bahwa menurut dokter, perubahan tersebut terjadi karena demam tinggi yang dialami bayi perempuannya sehingga tubuh Case beradaptasi memberikan nutrisi sesuai kebutuhan si kecil.

Ia memberikan gambar dua kantong ASI yang dipompa di hari yang berbeda. Kantong dengan ASI berwarna putih diambil sehari sebelum ASI kuning.

"Susu bagian atas (warna putih) diambil 3 hari lalu ketika Elliot sehat. Sementara bagian bawah (warna kuning) dari hari ini, setelah Elliot sakit demam dan dirawat setiap malam."

The Independent mengonfirmasi hal tersebut pada salah satu dokter apakah mungkin demam anak dapat menyebabkan perubahan warna pada ASI ibu. Menurutnya, perlu penelitian lebih lanjut.

"Pertama, ASI menjadi lebih berair di cuaca panas," tukas Professor Alastair Sutcliffe, profesor di bidang kedokteran anak umum di UCL.

"Jika ada masalah (penyakit), ibu memproduksi lebih banyak Immunoglobulin A (IgA) pada ASI untuk melindungi bayi dari penyakit tersebut."

ASI yang menguning pada kasus Chase kemungkinan disebabkan karena jumlah kolostrum yang meningkat, yang mana kaya akan immunoglobin.

(Baca juga: ASI Perkuat Jantung Bayi Prematur)

"Perlu diktahui bahwa ASI dapat berubah secara tak langsung," tambah Sutcliffe.

Beberapa ibu mengklaim makanan yang mereka asup memengaruhi warna ASI dan warna yang terlihat tergolong tak biasa seperti biru, merah, atau hijau; tergantung pola makan yang dijalankan.

Unggahan tersebut telah dibagikan lebih dari 7 ribu kali dan banyak ibu pun akhirnya mengaku mengalami hal serupa.

"ASI selalu menyesuaikan diri dengan kebutuhan bayi," tulis seorang pengguna.

"Inilah mengapa saya merawat bayi saya yang berumur 8 bulan sepanjang minggu saat demam. Mungkin tidak menghentikan penyakit, namun bisa membantu menyembuhkan lebih cepat dan menenangkan," tukas pengguna lain. 







(TIN)