Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin C

Raka Lestari    •    Senin, 27 Nov 2017 12:31 WIB
Tanda Tubuh Anda Kekurangan Vitamin C
Vitamin C diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di sekujur tubuh Anda. Vitamin C juga membantu dalam produksi kolagen yang berguna bagi kulit. (Foto: Hanny Naibaho/Unsplash.com)

Jakarta: Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air yang dibutuhkan tubuh Anda untuk berbagai fungsi sehari-hari. Wanita dewasa membutuhkan setidaknya 75 mg vitamin C setiap hari, sementara pria dewasa membutuhkan setidaknya 90 mg. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa secara umum dibutuhkan sekitar 500-1000 mg vitamin C per hari.

Vitamin C diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di sekujur tubuh Anda. Vitamin C juga membantu dalam produksi kolagen yang berguna bagi kulit, pembuluh darah, tulang rawan, ligamen, dan tendon.

kekurangan Vitamin C dapat menyebabkan masalah yang serius dan dapat membahayakan kesehatan Anda, berikut ini adalah tanda-tanda bahwa Anda kekurangan vitamin C dilansir dari Reader's Digest:

1. Gusi bengkak dan berdarah
Sebagian besar gusi Anda terbuat dari kolagen, itulah sebabnya mengapa mereka cenderung lebih sensitif saat kadar vitamin C Anda menurun. Gusi Anda juga bisa berdarah lebih banyak, dan karena vitamin C membantu penyembuhan luka, kekurangan vitamin C berarti bahwa gusi berdarah tidak akan sembuh dengan cepat.

Sedangkan gusi bengkak merupakan hasil dari peradangan yang terjadi karena kekurangan vitamin C dimana vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan.

2. Sering mengalami mimisan
Mimisan terjadi saat pembuluh darah kecil di hidung pecah sehingga sering mimisan adalah tanda pembuluh darah lemah di hidung.

Karena pembuluh darah diperkuat oleh kolagen, kekurangan vitamin C bisa menyebabkan pembuluh darah melemah menyebabkan pembuluh darah pecah dan sering terjadi mimisan.


(Vitamin C diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di sekujur tubuh Anda. Foto: Brooke Lark/Unsplash.com)

(Baca juga: Vitamin C Efektif Cegah Pertumbuhan Sel Kanker)

3. Rambut kering dan bercabang
Bila ujung tubuh Anda memiliki rambut kering dan bercabang, Anda mungkin kekurangan vitamin C. Kesehatan dan kekuatan rambut tergantung pada kolagen. Bila Anda mengalami kekurangan vitamin C akan berdampak juga pada produksi kolagen yang menyebabkan rambut lemah dan rapuh.

4. Kulit kering, merah, dan keriput
Kolagen membuat kulit Anda kenyal dan bebas dari keriput, jadi tidak mengherankan jika kekurangan vitamin C dikaitkan dengan kulit yang keriput.

Sebagai antioksidan, vitamin C mengurangi kerusakan yang ditimbulkan pada kulit dari paparan sinar UV yang dapat mengurangi risiko sengatan sinar matahari. Asupan vitamin C yang lebih tinggi juga dapat membantu menjaga kulit tetap lembut dan kenyal.

5. Letih dan tak bersemangat
Kelelahan adalah salah satu gejala dari kekurangan vitamin C. Vitamin C berperan penting dalam memroduksi energi dan menjaga suasana hati, sehingga kekurangan vitamin C dapat membuat Anda kehilangan energi dan menyebabkan suasana hati Anda tidak seimbang.








(TIN)