Studi: Remaja Wanita Lebih Galau daripada Pria?

Raka Lestari    •    Senin, 09 Oct 2017 14:38 WIB
psikologi
Studi: Remaja Wanita Lebih Galau daripada Pria?
Menurut data yang baru-baru ini dirilis oleh Substance Abuse and Mental Health Service Administration, remaja perempuan mengalami depresi nyaris tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan remaja laki-laki. (Foto: Jason Blackeye/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut data yang baru-baru ini dirilis oleh Substance Abuse and Mental Health Service Administration, remaja perempuan mengalami depresi nyaris tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan remaja laki-laki pada usia yang sama. Ditambah lagi pada usia 12-15 tahun remaja perempuan memiliki tingkat depresi tiga kali lipat lebih banyak. 

"Pertama, remaja perempuan yang berusia 12 tahun mulai mengalami masa menstruasi. Dimana pada masa-masa ini akan meningkatkan rasa sensitif, perubahan mood dan ditambah lagi dengan perubahan bentuk tubuh," ujar Barbara Greenberg Ph.D., dokter yang terbiasa menangani para remaja. 

(Baca juga: 5 Faktor Pencetus Galau dan Depresi)



Ia menambahkan, "remaja laki-laki juga mengalami pubertas dan perubahan hormonal namun tidak mengalami rasa sensitif, mudah tersinggung dan rasa sakit setiap bulannya."

Ketika anak perempuan mendekati usia remaja awal, mereka mulai memperhatikan penampilan mereka dihadapan orang lain. Berbeda saat mereka masih menjadi anak-anak, mereka tidak begitu memperhatikan penampilan mereka. Sekarang pada saat mulai memasuki masa-masa remaja, ada tekanan bagi mereka untuk tampil menarik. 

Mereka mengalami semua tekanan ini ditambah lagi dengan gejolak hormonal yang dialami setiap bulannya yang terkadang juga terjadi secara tidak teratur. Kombinasi dari faktor-faktor inilah yang membuat para remaja perempuan yang sedang tumbuh tersebut berisiko mengalami stres dan depresi yang lebih banyak. 










(TIN)