Jam Kerja Malam Jadi Pemicu Obesitas

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 08 Oct 2017 12:01 WIB
obesitas
Jam Kerja Malam Jadi Pemicu Obesitas
(Foto: Fortune)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa jam kerja malam dapat meningkatkan risiko obesitas hingga 29 persen. Lebih dalam, penelitian tersebut menyebutkan bahwa tipikal obesitas yang paling sering diderita pekerja malam adalah obesitas perut.

Selain itu, pekerja malam permanen lebih berisiko menderita masalah tersebut dibandingkan mereka yang mengalami rotasi jam kerja.

Para peneliti menyarankan agar dilakukan modifikasi jadwal kerja untuk menghindari paparan jangka panjang pada pekerja jam malam sehingga risiko obesitas pun semakin kecil.

Penemuan yang berdasarkan 28 studi terpublikasi tersebut menemukan bahwa mereka yang bekerja malam dan telah mengalami obesitas menganggap jadwal tersebut telah menjadi jam kerja alamiah.

"Secara global, sekitar 700 juta orang telah terikat dengan pola kerja yang bergantian," ujar peneliti senior Dr Lap Ah Tse.

Obesitas sendiri memberi efek buruk pada tubuh karena dapat memicu berbagai penyakit, seperti kanker payudara atau penyakit kardiovaskular.





(DEV)