Cara Mencegah Gangguan Pencernaan saat Haid

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 04 Nov 2017 14:33 WIB
haid
Cara Mencegah Gangguan Pencernaan saat Haid
Ini Cara Mencegah Gangguan Pencernaan saat Haid (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit wanita yang mengalami perubahan siklus buang air besar (BAB) saat sedang haid. Faktanya, 50 persen wanita mengalami tekanan pencernaan sewaktu haid.

Menurut Jamile Wakim-Fleming, MD, seorang gastroenterologist di Cleveland Clinic di Ohio, penyebabnya adalah prostaglandin yang merupakan bahan kimia pemicu kontraksi di rahim. Produksi prostaglandin akan meningkat ketika mendekati masa haid sehingga lebih efektif mendorong darah untuk keluar.

Di satu sisi, prostaglandin juga memicu diare sehingga intensitas ke toilet juga akan meningkat.

"Penyebab lainnya adalah memuncaknya hormon progesteron tepat sebelum masa haid datang. Hal tersebut dapat memengaruhi sistem gastrointestinal dengan cara mempercepat atau memperlambat sistem pencernaan," jelas Dr. Wakim-Fleming.

Beberapa wanita akan mengalami diare dan konstipasi (sembelit). Sementara, wanita yang mengalami endometriosis (kelainan jaringan rahim berada di luar dari rahim) cenderung mengalami konstipasi.

Meskipun wajar, gangguan pencernaan selama haid bisa dihindari. Olahraga dan konsumsi makanan tinggi serat secara teratur adalah cara sederhana yang membantu sistem pencernaan tetap lancar.

"Anda juga bisa menambah asupan vitamin B6 atau kalsium menjelang masa haid. Kedua nutrisi tersebut mampu mengurangi risiko gangguan perut, namun diskusikan dengan dokter terlebih dahulu. " saran Dr. Wakim-Fleming.

Konsumsi pil juga dapat mencegah lonjakan progesteron yang membuat Anda bisa bolak-balik ke kamar mandi, misalnya ibuprofen, atau penghenti diare seperti Imodium atau pencahar.

"Dan hindari makanan yang dapat memicu diare," tambah Dr. Wakim-Fleming.




 
(ELG)