Benarkah Kutu Busuk Bisa Sebabkan Anemia?

Anggi Tondi Martaon    •    Jumat, 10 Nov 2017 16:11 WIB
Benarkah Kutu Busuk Bisa Sebabkan Anemia?
Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk mengobati anemia akibat kutu busuk. (Foto: Kinga Cichewicz/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang yang menduga keberadaan kutu busuk di kasur tidak berbahaya. Namun, hewan yang berukuran sangat kecil ini bisa menjadi masalah serius bagi tubuh, salah satunya anemia.

Kepinding kutu busuk bisa menyebabkan anemia berawal dari kasus yang dilaporkan oleh NIH, dimana ada seorang pria berusia 60 tahun mengalami kelelahan dan kelesuan parah. Selain karena memiliki sejarah depresi, diabetes, penyalahgunaan narkoba dan alkohol, kadar zat besi dalam darahnya juga sangat rendah. Hal itu disebabkan oleh kutu busuk yang bersarang cukup banyak di tempat tidurnya.

Ada beberapa alasan bahwa kepinding sebagai salah satu penyebab utama anemia karena mengonsumsi darah. Selain itu, faktor usia juga membuat risiko kekurangan zat besi juga semaking meningkat.

(Baca juga: Anemia Tak Terjadi Begitu Saja)



Gejala Anemia
Lalu, bagaimana cara mengidentifikasi anemia yang disebabkan oleh kutu busuk? Diktuip dari Foxnews.com, ada beberapa gejala anemia yang disebabkan oleh kepinding, diantaranya kelelahan, lemah, pusing, kulit pucat atau menguning, detak jantung tidak teratur, sesak napas dan kedinginan.

Gejala awal anemia karena kepinding sangat samar. Pada umumnya, kita hanya terasa seperti kelelahan biasa. Selain itu, pernafasan dan detak jantung juga menjadi tidak normal saat berolahraga.

Setelah beberapa waktu,gejala ini akan mendapatkan lebih parah. Anda harus mencari pengobatan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda yang mengindikasikan anemia.



Pengobatan
Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk mengobati anemia akibat kutu busuk ini, pertama Anda dan anggota kelurga harus segera memerikasakan kondisi kesehatan ke dokter.

Dokter akan melakukan uji laboratorium untuk menentukan jumlah zat besi dalam darah. Selain itu, dokter juga akan meresepkan suplemen dan makanan tertentu. Jika sudah parah, ada kemungkinan anda harus dirawat secara insentif di rumah sakit.

Selain menempuh langkah medis, Anda juga harus membersihkan tempat tidur dan membasmi kepinding yang berada di rumah. Setelah itu, anda harus mencuci sprei dan selimut menggunakan air panas.  

Jangan lupa juga membersihkan kolong tempat tidur. Bisa jadi, telur kepinding terdapat di bawah tempat tidur. Pastikan juga secara rutin menjaga kebersihan rumah anda secara teratur.








(TIN)