Manfaat Mengonsumsi Matcha bagi Kesehatan

Raka Lestari    •    Jumat, 10 Nov 2017 11:16 WIB
Manfaat Mengonsumsi Matcha bagi Kesehatan
Matcha dianggap dapat memberikan manfaat untuk menurunkan berat badan sampai dianggap dapat mencegah kanker. (Foto: Charisse Kenion/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Matcha merupakan salah satu jenis teh hijau dan manfaat dari teh hijau sudah sangat terkenal secara luas. Matcha atau merupakan teh hijau Jepang dianggap dapat memberikan manfaat untuk menurunkan berat badan sampai dianggap dapat mencegah kanker.

Dilansir dari Menshealth.com, matcha kaya akan antioksidan yang disebut polifenol yang memiliki efek anti-inflamasi dan dapat bekerja untuk melindungi tubuh Anda dari masalah kesehatan serius seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Satu polifenol kuat yang ditemukan dalam teh hijau, yang disebut EGCG (juga dikenal sebagai catechin), telah dikaitkan dengan peningkatan metabolisme Anda untuk memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Chromatography, matcha mengandung hingga 137 kali jumlah ECCG yang ditemukan dalam teh hijau tradisional China.

(Baca juga: Plus Minus Mengonsumsi Teh Matcha)



Menurut jurnal tersebut, makanan yang mengandung campuran matcha bukanlah pilihan yang benar-benar sehat. Cokelat matcha hanya cokelat, dan cupcakes matcha mungkin masih mengandung banyak campuran gula.

Klaim yang mengatakan bahwa matcha memiliki kemampuan untuk detoks tubuh Anda, tidak sepenuhnya benar. "Tidak ada makanan yang dapat 'detoksifikasi' tubuh Anda, juga tubuh Anda memerlukan sesuatu yang tidak berfungsi sebagai detoksifikasi," jelas Abbey Sharp, R.D., pendiri Abbey's Kitchen. 

"Hati, ginjal, paru-paru, dan kulit Anda akan melakukan detoksifikasi untuk kita setiap hari, sepanjang hari."

Sebaliknya, penurunan berat badan yang berkelanjutan harus berasal dari perubahan gaya hidup yang lebih signifikan, seperti berolahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan berbasis makanan utuh.







(TIN)