Cara Sederhana untuk Mencegah Kram Kaki

Torie Natalova    •    Minggu, 07 Jan 2018 11:50 WIB
kesehatan saraf
Cara Sederhana untuk Mencegah Kram Kaki
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Organ tubuh yang paling sering mengalami kram adalah kaki. Anda mungkin pernah terbangun tengah malam dan merasakan jari kaki tertekuk dan terasa sakit. Inilah yang dinamakan kram otot.

Kram kaki mengindikasikan kondisi medis yang melibatkan sistem saraf peredaran darah atau pusat, tapi sebagian besar kram kaki memiliki beberapa penyebab umum dan dapat diobati bahkan dengan cara sendiri.

Penyebab

Kram kaki memiliki berbagai pemicu, tapi umumnya pemicu terbesar adalah dehidrasi dan kekurangan mineral, terutama kalium, kalsium dan magnesium. Saat berolahraga, Anda mengeluarkan mineral yang dibutuhkan oleh otot.

Kekurangan mineral menyebabkan kontraksi otot atau kejang yang disebut kram. Jika Anda berjalan dalam waktu lama atau terlalu banyak berolahraga, kram kaki adalah cara otot memberitahu Anda untuk menggerakkannya kembali karena otot tidak dapat menahan ketegangan.

Kram kaki juga sering berawal dari ketegangan atau aliran darah yang terbatas karena menggunakan sepatu yang terlalu sempit.

Selain itu, kram kaki seringkali muncul pada orang yang berusia 50 tahun ke atas. Ini karena tulang kehilangan kalsium dan otot kehilangan elastisitas dan ketegangan untuk menopang tubuh Anda.

Beberapa obat-obatan belum tentu bisa mengatasi kram pada kaki ini. Namun, Anda bisa mengurangi dan mencegah kram dengan empat cara sederhana. Pertama, menggunakan sepatu yang tepat dan hindari terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi.

Kedua, perbanyak minum air putih dan makan makanan tinggi potasium juga kalsium. Ketiga, olahraga dengan baik dan tidak memaksakan atau menekan terlalu sering otot-otot Anda. Keempat, lakukan peregangan dengan baik seperti menggoyang-goyangkan jari-jari kaki Anda untuk menghindari kram otot.




(DEV)