5 Cara Menghindari Sindrom Pasca Liburan

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 22 Dec 2017 09:00 WIB
tips & trik
5 Cara Menghindari Sindrom Pasca Liburan
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Masuk kerja setelah berlibur tak jarang membuat Anda tak terlalu bersemangat karena masih terbawa suasana liburan. Untuk menghindarinya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisa kembali produktif beraktivitas. 

 
Beberapa cara berikut bisa membantu Anda lebih cepat kembali beradaptasi dengan kesibukan keseharian setelah menikmati liburan. 
 
1. Merapikan rumah
 
Sebelum pergi berlibur, bersihkan rumah. Merapikan barang-barang, merapikan tempat tidur, menyapu, mengepel lantai, dan mengosongkan tempat sampah adalah hal-hal yang membuat suasana hati meningkat ketika kembali dari liburan. Dengan demikian, Anda akan lebih siap kembali menghadapi realitas. 
 
2. Memperpendek waktu bekerja
 
Pesanlah tiket pulang lebih awal sehingga waktu kerja menuju akhir pekan semakin cepat dan Anda bisa kembali bersantai sejenak. 
 
3. Kosongkan satu hari untuk mengisi tenaga
 
Jika memungkinkan, ambillah satu hari kosong untuk beristirahat, mencuci pakaian kotor dari liburan, dan mengganti makanan di rumah telah beberapa lama ditinggalkan. 
 
"Adalah suatu kemewahan bisa mengecek email tanpa merasa ada tekanan untuk segera membalas," tukas sosiolog Christine Carter.
 
4. Merencanakan liburan selanjutnya
 
Rencanakanlah liburan lain, misalnya untuk enam bulan kemudian, agar Anda tak merasa sedih karena liburan telah berakhir. Dengan demikian, Anda akan menjadi bersemangat. 
 
5. Mengedit foto liburan
 
Saat dalam perjalanan pulang, di pesawat atau kereta, luangkan waktu Anda untuk mengedit foto-foto liburan. 
 
"Melihat koleksi foto yang rapi memberikan emosi positif pada diri, seperti kembali pada masa liburan tersebut," kata Carter. 
 
 



(DEV)