Perlengkapan Ini yang Harus Anda Bawa Menjelang Melahirkan

   •    Senin, 26 Nov 2018 17:57 WIB
kehamilan
Perlengkapan Ini yang Harus Anda Bawa Menjelang Melahirkan
Berikut ini adalah beberapa keperluan yang bisa Anda bawa dalam mempersiapkan persalinan. (Foto: Sergey Vavilin/Unsplash.com)

Jakarta: Memasuki usia kehamilan 9 bulan, berat badan semakin bertambah. Inilah yang dapat menyebabkan kondisi fisik mudah lelah bahkan akan merasakan perasaan cemas yang berlebihan karena persiapan persalinan yang tinggal menghitung hari saja.

Dan hal yang jangan dilupakan juga adalah mempersiapkan tas untuk persiapan kelahiran. Dilansir dari BabyCenter, berikut ini adalah beberapa keperluan yang bisa Anda bawa dalam mempersiapkan persalinan.

1. Pakaian dan pembalut
Pakaian yang nyaman seperti piyama atau baju tidur. Dengan memakai bahan yang mudah menyerap keringat pastinya terasa nyaman.

Bahkan setelah melahirkan, pakaian dengan kancing di depan lebih memudahkan dalam memberikan ASI untuk sang buah hati. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan pembalut khusus setelah melahirkan. Menyiapkan lebih baik daripada tidak sama sekali.
 
(Baca juga: Tren Melahirkan Ini Unik dan Aneh)


(Di trimester akhir, hal yang jangan dilupakan juga adalah mempersiapkan tas untuk persiapan kelahiran. Foto: Suhyeon Choi/Unsplash.com)

2. Bra dan bantal Menyusui
Perlengkapan lainnya yang tak boleh terlupakan yakni bra khusus ibu menyusui. Jika belum sempat memilikinya, maka bra dengan ukuran yang nyaman dapat menjadi penggantinya. Pastikan membawa bantal untuk menyusui agar memudahkan memberikan ASI pada bayi Anda.

3. Sandal
Sandal yang dapat membuat nyaman merupakan sandal dengan permukaan yang tidak licin. Hindari memakai sandal dengan alas yang terbilang tebal, karena akan membahayakan.

4. Perlengkapan kebersihan
Persiapan persalinan selanjutnya yang dapat Anda bawa yakni perlengkapan kebersihan yang dibutuhkan. Membawa perlengkapan mandi hingga aksesoris rambut seperti sisir dan jepit rambut.

5. Dokumen penting
Yang tak kalah penting yakni beberapa dokumen yang harus Anda bawa ke rumah bersalin. Walaupun Anda sudah mendaftar di rumah sakit. Namun terdapat beberapa rumah bersalin yang membutuhkan konfirmasi ulang sehingga kartu asuransi hingga surat lainnya yang akan mendukung berbagai administrasi harus dipersiapkan.

Selain persiapan persalinan, hal terpenting yang harus dilakukan setiap ibu hamil yakni mempersiapkan mental menjelang persalinan. Tak hanya itu saja, dukungan dari orang-orang sekitar termasuk peranan suami dapat memberikan rasa tenang.


Maria Fransiska





(TIN)