I'm Possible

Kenali Bahasa Cinta si Dia

   •    Senin, 13 Mar 2017 13:53 WIB
keluarga
Kenali Bahasa Cinta si Dia
Ilustrasi. (Foto: Zliving.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang ingin membangun cinta bersama pasangan. Sayangnya, banyak pula dari mereka tak tahu harus melakukan apa. 

"Contohnya suami istri saling mencintai, tapi tak merasa dicintai. Ini sering terjadi. Suami berusaha membahagiakan istri, ironisnya istri tidak merasa bahagia," ujar Merry Riana dalam I'm Possible, Minggu 12 Maret 2017.

Apa yang salah? Menurut Merry Riana, dari segala hal yang telah dilakukan suami ada satu yang mungkin terlewatkan. Misalnya tidak mengatakan 'aku mencintaimu' sebagai ungkapan sayang, atau jarang bahkan tak pernah memberikan pujian.

Dari contoh tersebut, kata Merry Riana, rupanya cinta tak hanya berasal dari perbuatan. Cinta juga bisa ditemukan dari kata-kata, bahasa cinta, utamanya bagi suami istri untuk tetap bisa menjadi soulmate, bukan hanya roommate.

"Ada lima bahasa cinta yang saya ambil dari buku Gary Chapman. Supaya kita bisa mengenali bahasa utama kita dan bahasa pasangan," katanya.

1. Kata-kata pujian
Bahasa cinta pertama adalah kata-kata pujian, kata-kata manis atau menguatkan. Misalnya ungkapan 'Aku Mencintaimu', mampu menaikkan kadar cinta. 

"Kalau ini bahasa utama Anda, Anda akan senang mendapatkan pujian bahkan mengharapkan pujian dari pasangan," kata Merry.

Untuk membuat pasangan tetap bahagia, selain menggunakan kata-kata pujian, hindari pula kata atau kalimat mengkritik. Sebab bukan tidak mungkin pasangan Anda benci terhadap kritikan.

2. Waktu yang berkualitas
Bukan hanya meluangkan waktu bersama, tapi memusatkan seluruh perhatian untuk pasangan juga merupakan salah satu bahasa cinta.

Jika ini adalah bahasa cinta Anda, Anda akan sangat terganggu dan tidak suka jika waktu Anda bersama dia teralihkan. Misalnya oleh tindakan dia yang mengalihkan pembicaraan dengan memainkan ponsel atau memperbarui sosial media.

3. Hadiah
Orang-orang dengan bahasa cinta hadiah akan merasa sangat dicintai jika diberikan hadiah oleh pasangan. Ini bukan materialistis, terkadang hadiah tidak harus bernilai tinggi atau mahal.

"Orang ini sangat menghargai hadiah karena melihat usaha pasangannya saat membelikan hadiah untuknya," ujar Merry.

4. Pelayanan
Lakukanlah sesuatu yang pasangan ingin Anda melakukan tanpa harus diminta. Misalnya ketika istri tengah memasak, bantulah Dia untuk mencuci piring atau memotong sayuran. Kalau si Dia merasa bahagia, berarti inilah bahasa cintanya.

5. Sentuhan Fisik
Ada pula orang yang bahasa cintanya adalah sentuhan. Orang-orang ini merasa sangat disayang jika diberikan pelukan walaupun tanpa ungkapan 'aku mencintaimu'. Atau misalnya ketika Anda berjalan-jalan dengan pasangan, pasangan Anda akan sangat bahagia ketika Anda menggandeng tangannya.




(MEL)