Aneka Tanaman Ini Dapat Menyegarkan Ruangan

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 02 Apr 2018 08:00 WIB
tips & trik
Aneka Tanaman Ini Dapat Menyegarkan Ruangan
Berikut adalah lima tanaman yang bisa bekerja sebagai pembersih udara. (Foto: Eddie Garcia/Unsplash.com)

Jakarta: Banyak orang berpikir bahwa udara dalam ruangan, terutama rumah, tak akan tercemar. Padahal, hal tersebut tak benar. 

Berbagai polusi seperti asap masakan atau barang logam yang berbau kimia juga dapat mencemari udara dalam rumah. Untuk mengurangi bahkan menghilangkannya, cobalah meletakkan tanaman dalam ruang untuk memurnikan udara kembali. 

Berikut adalah lima tanaman yang bisa bekerja sebagai pembersih ruangan, seperti dilansir Boldsky.com. 

1. Sirih gading
Sirih gading atau The Devil's Ivy adalah salah satu tanaman dalam ruangan yang paling umum. Tanaman yang tak memerlukan perawatan khusus ini mambantu menyingkirkan polusi udara seperti formaldehid dan benzena.

2. Spider plant 
Spider plant atau Chlorophytum comosum adalah jenis tanaman penjernih udara yang mudah tumbuh dan tak memerlukan sinar matahari langsung sehingga cocok ditanam dalam rumah. 


(Sirih gading atau The Devil's Ivy adalah salah satu tanaman dalam ruangan yang paling umum. Tanaman yang tak memerlukan perawatan khusus ini mambantu menyingkirkan polusi udara. Foto: Giulia Bertelli/Unsplash.com)

(Baca juga: Bersihkan Enam Area Ini agar Rumah Bebas Debu)

3. Lidah buaya
Tak hanya baik untuk perawatan rambut, tanaman ini juga menjaga udara dalam tumah bebas polusi. Tanaman lidah buaya juga tak perlu disirami tiap hari. 

4. Lidah mertua
Lidah mertua atau snake plant adalah tanaman yang cukup berbeda karena mengeluarkan oksigen di malam hari. Dengan demikian, paparan karbondioksida dalam rumah pun menurun. 

Selain itu, tanaman tersebut juga melindungi Anda dari formaldehid yang banyak ditemukan pada perabotan kayu, lem, disinfektan, dan beberapa peralatan rumah tangga. 

5. Pakis boston
Tanaman yang cantik ini ternyata sangat efektif untuk menghilangkan formaldehid dan polusi udara lain dalam mobil. Namun, perawatannya termasuk tak mudah dimana bila tak telaten, maka bisa cepat mati.






(TIN)