Perilaku Agresif dan Perundungan adalah Dua Hal Berbeda

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 07 Jul 2018 16:46 WIB
bullyingpsikologi anak
Perilaku Agresif dan Perundungan adalah Dua Hal Berbeda
Perilaku Agresif dan Perundungan adalah Dua Hal Berbeda (Foto: shutterstock)

Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa perilaku agresi dan perundungan adalah dua hal berbeda di mana bentuk intervensi yang dilakukan pun tak sama.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa perilaku garesif bertujuan untuk menyakiti atau membahayakan. Sebaliknya, perundungan adalah perilaku berulang yang dicirikan oleh ketidakseimbangan kekuatan antara dua pihak, seperti satu anak melawan kelompok atau anak yang lebih besar terhadap anak yang lebih kecil.

“Penting bagi kami untuk menyadari perbedaan ini, sebagian karena setiap perilaku agresif yang kami lihat bukanlah intimidasi,"  kata Jamie Ostrov, penulis utama dan profesor psikolog di Universitas di Buffalo.

Ia menerangkan, perilaku agresif pasti bermasalah dalam hidup orang tersebut dan juga patut mendapatkan perhatian, tetapi mengenali perbedaan dalam dua perilaku tersebut juga penting untuk bisa menentukan bentuk intervensi seperti apa yang bisa dilakukan.

Perundungan dapat berupa fisik, yang melibatkan memukul, menendang, mencubit atau mengambil sesuatu dari seseorang. Selain itu, ada juga perundungan relasional atau pengucilan sosial, di mana anak-anak mungkin berkata, "Kamu tidak bisa menjadi teman saya lagi" atau "Kamu tidak bisa datang ke pesta ulang tahun saya".

"Korban menerima; agresi diperlihatkan; perundungan menambah ketidakseimbangan dan pengulangan kekuatan," Ostrov menjelaskan.

Penelitian yang akan diterbitkan dalam Journal of Child and Family Studies tersebut menggunakan laporan guru untuk satu penelitian dengan 85 siswa dan studi kedua yang menggabungkan laporan guru dan pengamatan perilaku oleh staf penelitian pada 105 siswa.

Hasilnya menunjukkan bahwa agresi relasional, bukan perundungan relasional, berkaitan dengan peningkatan korban.

“Kita harus menjaga perbedaan ini dalam pikiran, itu penting. Ini juga memvalidasi definisi perundungan secara keseluruhan. Ada sesuatu yang khas tentang perundungan," tambah Ostrov.




 


(ELG)