Manfaat Mendengarkan Musik Bersama Anak

Raka Lestari    •    Kamis, 03 May 2018 12:41 WIB
perkembangan anak
Manfaat Mendengarkan Musik Bersama Anak
Menurut studi tersebut, mendengarkan musik bersama mendorong rasa kedekatan diantara seseorang. (Foto: Courtesy of Halfpoint/Fotolia)

Jakarta: Saat anak-anak masih kecil, sangat mudah untuk bisa selalu bersama mereka, bahkan tidak jarang untuk pergi ke kamar mandi saja mereka minta ditemani. Namun seiring bertambahnya usia, kedekatan antara orang tua dan anak bisa jadi berkurang. 

Namun menurut penelitian terbaru dari University of Arizona menemukan bahwa sebenarnya untuk tetap menjalin ikatan dengan anak-anak yang sudah mulai beranjak besar, bisa dengan mendengarkan musik bersama. 

Mendengarkan musik bersama anak-anak yang sudah mulai beranjak remaja dapat meningkatkan hubungan dengan mereka ketika mereka sudah dewasa.

Para peneliti dari universitas tersebut memelajari sekelompok anak muda yang berusia remaja akhir dan awal 20-an untuk melihat apa yang mereka rasakan ketika tumbuh kembang bersama dengan musik, terutama ketika mendengarkannya bersama orang tua mereka.

(Baca juga: Belajar Musik Intrumental Tingkatkan Potensi Si Kecil dalam Berbagai Bidang)


(Mendengarkan musik bersama anak-anak yang sudah mulai beranjak remaja dapat meningkatkan hubungan dengan mereka ketika mereka sudah dewasa. Foto: Giu Vicente/Unsplash.com)

Berdasarkan tanggapan peserta, peneliti menemukan bahwa mereka yang sering mendengarkan musik bersama orang tua memiliki persepsi yang lebih baik mengenai kualitas hubungan antara orang tua dan anak pada usia dewasa, dikutip dari Sciencedirect.com.

Menurut studi tersebut, mendengarkan musik bersama mendorong rasa kedekatan diantara seseorang. Hal ini karena melakukan sesuatu hal secara bersamaan dapat membuat seseorang merasa lebih dekat satu sama lain.

Menurut KidsHealth.org mendengarkan musik dapat merangsang koneksi saraf yang dapat membantu pada kemampuan membaca dan matematika pada anak-anak. 

Lagu anak-anak juga merupakan cara yang bagus untuk mengajarkan berbagai konsep, dan musik juga bisa menjadi alat yang hebat dan menenangkan untuk membantu anak-anak menenangkan diri atau bersantai, terutama pada waktu tidur, atau pada masa-masa sulit mereka.





(TIN)