Tips Mengatur Mainan agar Tidak Membahayakan Anak

Raka Lestari    •    Selasa, 08 May 2018 11:43 WIB
tips & trik
Tips Mengatur Mainan agar Tidak Membahayakan Anak
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Tempat bermain anak-anak merupakan salah satu bagian terpenting yang ada di dalam rumah. Orang tua harus bisa mengaturnya dengan baik agar mainan-mainan anak bisa terlihat rapi dan mudah untuk dibereskan ketika selesai dimainkan. Jika tidak memperhatikannya dengan baik, mainan-mainan tersebut bisa saja akan membahayakan, terutama jika sampai terinjak karena penyimpanannya yang tidak tepat. 

Dilansir dari Romper, berikut ini adalah cara mengatur tempat bermain bagi anak-anak di rumah.

1. Gunakan tempat penyimpanan yang cukup

Menurut Lee Scott, anggota dewan penasihat Goddard School dan spesialis kurikulum, sebaiknya orang tua membeli tempat penyimpanan atau keranjang untuk menyortir mainan sesuai warna dan ukuran, dan menyortir mainan yang sering dimainkan.

2. Simpan buku di tempat yang mudah di akses

Sebagian besar anak akan menghabiskan waktu untuk melihat-lihat buku jika mereka memiliki akses yang mudah. Siapkan rak buku kecil dengan beberapa tempat duduk yang nyaman di dekatnya, atau jika Anda memiliki tempat penyimpanan ekstra yang tersisa sebelumnya, jangan ragu untuk menggunakannya juga. 

3. Menyimpan cermin 

Scott menyarankan memasang cermin ke satu dinding agar anak Anda dapat menonton dirinya sendiri saat dia bermain. Bayi dan balita sangat menikmati ini karena mereka masih cukup terpesona dengan apa yang mereka lihat di cermin. Selain itu, cermin juga akan membuat ruangan tampak lebih besar.

4. Taruh mainan secara bergantian

Untuk menjaga semangat anak dalam bermain, Scott menyarankan orang tua agar melakukan rotasi pada mainan mereka. Sistem ini tidak hanya meminimalisir kekacauan dan membuatnya lebih mudah untuk menemukan apa yang mereka cari, mainan lama akan terasa segar dan lebih menarik setelah disimpan beberapa lama. 

5. Memperkenalkan mainan baru

Cara terbaik adalah dengan memperkenalkan mainan baru kepada anak-anak secara perlahan daripada membuang seluruh mainan mereka sekaligus. Jika Anda membeli mainan baru, simpanlah satu di tempat bermain mereka, kemudian sisanya disimpan dan dikeluarkan setelah beberapa lama kemudian. 

Lihat video:




(DEV)