Meningkatnya Tren Belanja Online Kebutuhan Sehari-hari

Raka Lestari    •    Selasa, 29 May 2018 15:00 WIB
ecommerce
Meningkatnya Tren Belanja Online Kebutuhan Sehari-hari
Di zaman yang sudah serba canggih ini, berbelanja online bukanlah hal yang baru lagi bagi masyarakat. (Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

Jakarta: Di zaman yang sudah serba canggih ini, berbelanja online bukanlah hal yang baru lagi bagi masyarakat. Banyaknya pilihan penjual online membuat para konsumen merasa semakin dimudahkan. Tidak hanya pakaian atau gadget, saat ini tren belanja online kebutuhan sehari-hari pun sudah meningkat. 

"Secara umum, tren belanja online berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, terutama saat periode tertentu seperti bulan Ramadan yang masih berjalan ini. Sejalan dengan kampanye Big Ramadhan Sale, kami melihat adanya peningkatan untuk produk kebutuhan sehari-hari, mulai dari kebutuhan bayi, sabun, minyak goreng, terutama makanan serta minuman," ujar Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee dalam acara Media Gathering Shopee bersama Bonnet Supermarket, di Surabaya, Senin 28 Mei 2018. 

(Baca juga: Cara Belanja Online Tanpa Menguras Isi Dompet)


(Di zaman yang sudah serba canggih ini, berbelanja online bukanlah hal yang baru lagi bagi masyarakat. Banyaknya pilihan penjual online membuat para konsumen merasa semakin dimudahkan. Foto: Rawpixel/Unsplash.com)

Menurut Rezki, ada beberapa faktor yang menyebabkan adanya peningkatan belanja konsumen, "Pertama, biasanya pada saat Ramadan konsumen memiliki banyak waktu luang, kemudian ada juga yang memang sudah memiliki alokasi dana untuk berbelanja misalnya THR." Tren ini juga membuat peluang besar bagi para pemain lokal untuk mengembangkan bisnis mereka melalui online. 

"Teorinya misal seseorang sudah mempunyai toko, untuk menambah bisnis maka mereka akan menambah toko. Tetapi dengan online, mereka bisa menjangkau lebih banyak lagi," ujar Rezki. Untuk itu, Shopee bekerja sama dengan salah satu supermarket offline di Surabaya untuk ikut bergabung menjadi mitra Shopee. 

"Kita berpikir kalau Bonnet tidak mengikuti perkembangan zaman tentunya akan ketinggalan. Sehingga kita mulai bergabung dengan Shopee dari pertengahan Juli tahun lalu. Perbedaannya pun cukup signifikan, dengan adanya Shopee produk-produk kami bisa mencapai seluruh Indonesia," ujar Evelyn Soetanto, Business Development Manager Bonnet Supermarket. 




(TIN)