Remaja yang Kesepian Rentan Alami Gangguan Tidur

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 18 May 2017 16:31 WIB
studi kesehatan
Remaja yang Kesepian Rentan Alami Gangguan Tidur
(Foto: The Health Site)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa rasa kesepian yang dialami remaja dapat berdampak pada pola tidur. Kesepian adalah perasaan tertekan yang dialami saat seseorang menganggap hubungan sosialnya tidak memadai.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa orang dewasa muda yang merasa kesepian sebanyak 24 persen lebih lelah dan kesulitan berkonsentrasi seharian. Mereka juga memiliki kualitas tidur yang buruk seperti sulit mengantuk, gangguan durasi tidur, dan disfungsi waktu dimana mereka tetap terjaga di siang hari.

"Kualitas tidur yang kurang adalah salah satu pertanda kesepian. Dan temuan kami menggarisbawahi pentingnya pendekatan terapeutik awal untuk menargetkan pemikiran negatif dan persepsi yang dapat membuat kesepian menjadi lingkaran setan, " kata Profesor Louise Arseneault di King's College London.

Selain itu, kesepian dan kurang tidur berkaitan dengan peningkatan perilaku beberapa kejadian kekerasan hingga 70 persen, seperti kriminal, pelecehan seksual, penganiayaan pada anak dan kekerasan pada anggota keluarga atau teman.

Menurut para peneliti, kurang tidur yang dialami kemungkinan disebabkan karena rasa kurang nyaman atau respons tekanan biologis yang tinggi.

"Kami juga menemukan bahwa paparan masa lalu yang berhubungan dengan kekerasan dapat memperburuk hubungan antara kesepian dan kualitas tidur buruk yang secara konsisten membuat orang yang kesepian tak  merasa aman saat tidur," pungkas Timothy Matthews selaku peneliti.


(DEV)