Studi: Generasi Milenial Lebih Cepat Mandiri

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 21 May 2017 09:59 WIB
studi kesehatan
Studi: Generasi Milenial Lebih Cepat Mandiri
(Foto: Peaksalesrecruiting)

Metrotvnews.com, Jakarta: Generasi yang lebih tua menganggap bahwa generasi milenial cenderung egois dan kurang bekerja keras. Namun, ternyata tak demikian. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa generasi milenial percaya bahwa mereka harus mandiri secara finansial setahun setengah lebih cepat dibandingkan kaum baby boomer.

Usia 22 tahun adalah usia dimana generasi milenial berpikir bahwa mereka sudah mampu membayar sewa rumah; usia 20,5 tahun sudah bisa membayar cicilan mobil; dan 18,5 tahun sudah bisa membayar tagihan ponsel.

"Milenial akrab dengan stereotipe dimana mereka hanya menjalankan hak. Namun menyenangkan melihat bahwa generasi tersebut ternyata ingin mendapatkan kebebasan finansial dan tak mengandalkan gaji orang tua mereka," ujar Sarah Berger selaku kolumnis dan analis di bankrate.com.

Penelitian yang dilakukan oleh situs keuangan pribadi bankrate.com tersebut mensurvei seribu orang dewasa dari seluruh Amerika Serikat yang terdiri dari generasi Milenium, generasi X, baby boomer dan generasi diam (lahir antara tahun 1920an dan pertengahan 1940an) dimana mereka ditanyai berapa usia yang harus dibayar orang untuk tagihan mereka sendiri.

Hasilnya, generasi milenial atau yang masih tergolong muda sudah tak ingin hidup dari uang pemberian orang tua mereka, meskipun sebagian besar dari mereka masih tinggal bersama orang tua.


(DEV)