Tips Pindahan Rumah Bersama Si Kecil

Sri Yanti Nainggolan    •    Senin, 31 Jul 2017 08:00 WIB
keluarga
Tips Pindahan Rumah Bersama Si Kecil
Berikanlah respons antusias pada momen perpindahan. Dengan demikian, anak pun akan ikut terstimulasi pada perasaan positif tersebut. (Foto: Blog - Empire Communities)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pindah rumah adalah salah satu kegiatan yang merepotkan, apalagi ketika memiliki anak yang berusia di bawah 5 tahun (balita). 

Saat berkemas, Anda bisa jadi akan melambat karena harus meladeni si kecil atau mengawasinya agar tidak terjadi sesuatu yang berbahaya. Belum lagi berbagai pertanyaan yang diajukan saat Anda sedang berkemas. 

Berikut ini adalah beberapa tips bagi Anda yang ingin pindahan secara efektif tanpa perlu repot memikirkan si kecil. 



1. Meminta bantuan
Tak perlu ragu untuk menitipkan anak ke kerabat atau teman untuk mengurusnya pada hari pindahan. Selain itu, agar lebih efektif, Anda bisa meminta bantuan profesional untuk mempercepat proses pindahan. 



2. Jauhkan anak saat berkemas
Kebanyakan anak tak senang dengan momen ini karena melihat barang mereka dikemas membuat mereka dan berpikir tak akan melihatnya lagi. Oleh karena itu, jauhkan mereka saat sedang mengemasi barang di kamar si kecil. 

(Baca juga: Anak Jadi Lebih Pendiam Sejak Pindah Rumah, Wajar atau Tidak?)



3. Bicarakan tentang rumah baru
Jika memungkinkan, ajaklah anak mengunjungi rumah baru. Beritahukan bahwa dia dapat bermain di sana dengan bebas dan berikan hal-hal positif terkait pandangan tersebut. 



4. Kemasi barang si kecil terakhir dan bongkar pertama
Anak-anak tak bisa lepas terlalu lama dari barang-barang mereka. Untuk memudahkan transisi perpindahan rumah, tetap jalankan rutinitasnya di rumah baru. Kemasi barang-barangnya dan segera bongkar di rumah baru agar ia tak merasa canggung. 



5. Antusias pada perpindahan
Berikanlah respons antusias pada momen perpindahan tersebut. Dengan demikian, anak pun akan ikut terstimulasi pada perasaan positif tersebut. 










(TIN)