5 Tips agar Tidak Larut dalam Kesedihan Pascaputus Cinta

Nia Deviyana    •    Senin, 21 Aug 2017 12:51 WIB
romansa
5 Tips agar Tidak Larut dalam Kesedihan Pascaputus Cinta
(Foto: Livestrong)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menyembuhkan patah hati memang tak semudah membalikan telapak tangan. Tak sedikit orang membutuhkan waktu berbulan-bulan sekadar untuk move on.

Walau tidak mudah, kesedihan harus dihadapi. Anda bisa mencoba beberapa langkah efektif ini agar bisa segera bangkit dari keterpurukan setelah putus cinta atau menghadapi penolakan.

1. Menangis

Menangis tak selalu berarti cengeng atau tidak dewasa. Pakar hubungan Audrey Hope menerangkan, kebanyakan orang jadi sulit move on  karena mencoba merasionalisasi perasaan atau memendamnya.

Dengan memberi ruang pada diri untuk menangis dan berteriak, Anda bisa merasa lebih lega setelahnya. Setelah menangis sepuasnya, Audrey menyarankan untuk mandi air hangat dan tidur lebih awal.

2. Tinggalkan media sosial

Anda tak akan benar-benar bisa move on  jika terus terkoneksi dengan mantan di media sosial. Patah hati juga rentan membuat Anda mengunggah status galau atau kebahagiaan semu yang justru membuat Anda makin depresi. Jadi, memang ada baiknya untuk tidak menggunakan media sosial selama waktu tertentu.

3. Kembalikan barang dari mantan

"Membersihkan kenangan tentang mantan adalah jalan untuk masa depan yang lebih bahagia," ujar pakar hubungan Jennifer Spaulding, dilansir dari Livestrong.

Salah satu cara untuk memutus akses terhadap kenangan itu ialah dengan mengembalikan barang-barang pemberiannya. "Saya sarankan untuk mengembalikannya lewat pos. Jika harus bertemu, hindari pembicaraan dalam waktu lama," saran Jennifer.

4. Olahraga

Olahraga membantu tubuh melepaskan endorfin sehingga suasana hati menjadi lebih baik. Olahraga tinju atau renang diklaim baik untuk meredakan patah hati karena memiliki gerakan yang melatih pernapasan sehingga Anda akan merasa lebih rileks dan lega.

5. Berdamai dengan kenyataan

Mungkin Anda berpikir tidak cukup keren, tampan, atau baik sehingga si dia tak mau melanjutkan hubungan dengan Anda. Dan menurut penelitian, rasa rendah diri ini yang kerap membuat mereka sulit move on.

Apapun alasan kandasnya hubungan, Anda tetap berhak untuk bahagia. Berdamai dengan kenyataan akan membuat Anda lebih mudah melangkah.

 


(DEV)