Studi: Wanita Tetap Lebih Dominan dalam Urusan Rumah Tangga

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 29 Sep 2017 13:45 WIB
keluarga
Studi: Wanita Tetap Lebih Dominan dalam Urusan Rumah Tangga
Sebuah studi menemukan bahwa untuk urusan rumah tangga, wanita masih lebih mendominasi dibandingkan laki-laki. (Foto: Garret Mizunuka/Unsplash.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kesetaraan gender semakin kencang digaungkan dan mulai mendapat respons positif di beberapa negara. Namun, sebuah studi menemukan bahwa untuk urusan rumah tangga, wanita masih lebih mendominasi dibandingkan laki-laki. 

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Sex Roles tersebut menemukan bahwa psaangan heteroseksual terbiasa dengan hal tersebut, terlepas dari status karier dan pendapatan pasangannya. 

Penelitian tersebut melibatkan 900 orang yang tinggal bersama pasangan sejak remaja hingga dewasa dan mengumpulkan data dari  beberapa jenis pertanyaan berdasarkan usia: 25 tahun (menuju dewasa), 32 tahun (dewasa muda), dan 43 tahun (paruh baya).



Mereka melihat bagaimana tugas domestik dijadikan tanggung jawab pada setiap kelompok usia dan bagaimana hal tersebut dipengaruhi oleh pendapatan, status perkawinan, jam kerja dan pengasuhan anak.

(Baca juga: Studi: Wanita Lebih Baik dalam Hal Kepemimpinan daripada Pria)

"Wanita melakukan lebih banyak pekerjaan rumah dibandingkan pria, secara konstan," tukas pemimpin studi Rebecca Horne.

Ia menjelaskan, pola tanggung jawab pekerjaan rumah antara wanita dan pria cukup konsisten dalam setiap tahap kehidupan meski terjadi fluktuasi kecil dalam jumlah pekerjaan rumah tangga. 

"Secara keseluruhan; variasi waktu, uang, dan gender memberi pengaruh penting yang bisa menjelaskan pembagian pekerjaan rumah, walaupun dengan intensitas yang bervariasi tergantung pada tahap dalam kursus kehidupan."



Horne berharap penemuan tersebut dapat memberi pencerahan pada pembagian rumah tangga yang memiliki stereotip kuno terkait pekerjaan rumah tangga. 

Penelitian tersebut juga mendukung hasil sebuah studi tahun 2016 yang dilakukan oleh Kantor Statistik Nasional, yang menemukan bahwa wanita melakukan hampir 40 persen lebih banyak pekerjaan di rumah. Sementara, pria berperan lebih banyak dalam hal transportasi, misalnya menyupiri anggota keluarga lain. 

Studi tersebut menghitung bahwa wanita akan menghasilkan 259 poundsterling dalam seminggu jika mereka dibayar untuk melakukan pekerjaan rumah, sementara pria menghasilkan sebanyak 166 poundsterling .








(TIN)