Tips agar Anak Anda Mau Makan Sayur

   •    Rabu, 19 Dec 2018 08:00 WIB
keluargaperkembangan anak
Tips agar Anak Anda Mau Makan Sayur
Bagaimana cara menghadapi si kecil yang tidak menyukai atau susah makan sayur? Berikut tips-tipsnya. (Foto: Ilustrasi. Dok. Anton Darius/Unsplash.com)

Jakarta: Setiap orang tua pasti merasa kesal ketika si kecil susah makan sayur. Tak jarang, ini membuat para orang tua akhirnya terpaksa melakukan berbagai cara agar si kecil mau makan sayur. Lolo seorang make up artist asal Jakarta juga sampai mendatangi tempat hipnoterapi berharap agar putrinya bisa makan sayur. 

"Segala cara saya lakukan, sampai ini terakhir ke tempat hipnoterapi sangat berharap agar si kecil bisa menyukai sayur-sayuran. Tapi ternyata belum juga," akunya lagi.

Lantas, bagaimana cara menghadapi si kecil yang tidak menyukai atau susah makan sayur? Berikut tips-tips yang dapat Anda terapkan di rumah, dilansir dari PsychologyToday.

(Baca juga: Haruskah Memaksa Anak yang Tidak Mau Makan Sayur?)


(Setiap orang tua pasti merasa kesal ketika si kecil susah makan sayur. Tak jarang, ini membuat para orang tua akhirnya terpaksa melakukan berbagai cara agar si kecil mau makan sayur. Foto: Hal Gatewood/Unsplash.com)

1. Kenali sayur-sayuran
Pertama, kenali bahwa akan banyak pengulangan sebelum si kecil menerima makanan baru. Jika Anda ingin menawarkan sayuran sebaiknya beritahu dahulu tentang manfaat dari sayur. Walaupun belum berhasil, lakukan secara terus-menerus agar ia mau makan sayur.

2. Sajikan sayuran sejak kecil
Agar anak-anak suka makan sayur, maka Anda harus membiasakannya sejak kecil tepatnya saat sudah mulai mengonsumsi MPASI. Lakukan sebagai kebiasaan menyajikan sayuran sebagai makanan siang dan makan malam sampai si kecil beranjak besar.

3. Jadi teladan buat si kecil
Jika Anda ingin si kecil menyukai sayuran, maka pastikan Anda juga menyukainya. Tunjukan sayuran adalah makanan yang enak dan menyehatkan.

Buatlah menu makanan yang menggugah selera si kecil, seperti menambah wortel di cap cay, jagung manis di sayur bayam, dan potongan tomat di sup ayam.

4. Memasak bersama
Jika perlu Anda ajak si kecil untuk memasak bersama. Ketika memasak kenalkan beberapa jenis sayuran dan manfaat dari sayuran. Selain itu, si kecil juga akan lebih terdorong untuk makan sayur hasil masakannya sendiri dan bisa mempererat ikatan batin Anda dengan sang buah hati.


Maria Fransiska




(TIN)