Tips Solusi Rumah Rapi

Yatin Suleha    •    Senin, 07 Nov 2016 18:42 WIB
tips & trik
Tips Solusi Rumah Rapi
Simpan barang hanya yang benar-benar penting. (Foto: Hgtvhome.sndimg)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda lelah karena rumah terlihat selalu berantakan? Kami mengumpulkan beberapa tips dari pakarnya yang praktis agar rumah Anda mudah rapi kembali.

Dilansir dari parents, kami memberikan cara praktis untuk Anda membereskan 'kekacauan' di dalam rumah.

1. Masalah: Segala yang Anda atur tidak berhasil
Solusinya: Ambil napas panjang, tenang lalu perhatikan semua furnitur dan barang-barang yang Anda atur. Ketika Anda Anda membereskan semua barang di rumah, Anda ingin semua bersih seketika. Dari mulai mengelap, menyapu, mengepel, membereskan piring besar, sedang, kecil, memasukkan semua mainan bongkar pasang sesuai ukurannya, dan sejuta kegiatan lainnya. 

Hindari mengerjakan setengah-setengah dan meninggalkan satu pekerjaan lalu mengerjakan pekerjaan lainnya. Kerjakan satu bagian demi satu bagian sampai tuntas. Selesaikan satu area sebelum Anda melanjutkan ke area berikutnya. (Saran Julie Morgenstern, penulis Organizing from the Inside  Out)

(Baca juga: Tips Bersihkan Bagian Rumah yang Sering Terlupakan)

2. Masalah: Sulitnya mencari kebutuhan sehari-hari
Solusinya: Eye level, artinya semua yang Anda selalu butuhkan sehari-hari (seperti pakaian dalam Anda, si kecil, dan pasangan Anda, kaos kaki, dasi, dan lainnya) sejajar pandangan mata Anda. Ini menghindari Anda dari membungkuk untuk mencarinya, sekedar bra atau underwear saja (fiuh!). Pindahkan pakaian lainnya tepat di atas dan di bawahnya. (Saran Stacey Platt, penulis What's a Disorganized Person to Do?)

3. Masalah: Menumpuk berbagai barang kenangan
Solusinya: Kami tahu, poster bintang kesayangan Anda kala masih remaja (dan kini ia sudah berumur 50 tahun) masih Anda simpan. Hal ini menambah volume barang Anda di dalam rumah. Singkirkan! 

Simpan barang hanya yang benar-benar penting. Jika Anda sudah belajar satu tingkat dari hal ini, setiap beberapa bulan, atur ulang barang yang sudah tidak terpakai, sumbangkan atau buang. 

Jangan biarkan perasaan sedih atau bersalah menekan Anda. Katakan pada hati Anda bahwa Anda tidak membutuhkannya lagi. Kami berikan petunjuknya: Jika dalam waktu tiga bulan Anda tak kunjung memakai barang itu, artinya Anda benar-benar tidak membutuhkannya. Anda bisa menggantinya dengan barang lainnya yang ada. (Saran Lori Marrero, penulis of the Clutter Diet)






(TIN)