Tips Agar Anak Bersemangat Makan

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 02 Sep 2016 18:02 WIB
keluarga
Tips Agar Anak Bersemangat Makan
Tips Agar Anak Bersemangat Makan (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anak yang susah makan menjadi salah satu masalah tersendiri bagi orangtua. Padahal, makanan adalah salah satu asupan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Oleh karena itu, diperlukan strategi agar anak mau makan. Berikut adalah beberapa tips yang diberikan oleh psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani, S.Pisi, M.Psi agar sang buah hati bersemangat makan.

Pertama, kenalkan anak pada buah dan sayur. Ketika anak telah mempelajari makanan tersebut, maka ia akan bersemangat ketika apa yang dipelajari ternyata muncul di piring mereka.

Kedua, ceritakan dongeng dengan tokoh buah dan sayur. Hal itu akan membuat imajinasi anak berkembang dan merasa akrab dengan buah dan sayur sehingga tak sulit untk memakannya.

Ketiga, buatlah anak menjadi lapar. Terapkan jadwal makan pada anak sejak dini. Dengan sistem metabolisme anak akan terbentuk dan secara otomatis akan merasa lapar menjelang jam makan siang. Selain itu, biarkan anak banyak melakukan aktivitas agar banyak energi yang terpakai sehingga merasa lapar.

"Mengajak anak untuk ikut memasak juga biaa dilakukan agar mereka beremangat menyantap.makanan yang sibuat. Biarkan mereka melakukan hal yang ringan saja," ujarnya dalam konfrensi pers PAUD Healthy Eating Habit Program oleh Sarihusada, di Jakarta, Jumat (2/9/2016).

Peralatan yang lucu dan menata makanan secara unik juga membuat anak menjadi bersemangat untuk makan karena tertarik dengan tampilan yang tampak menggoda.

Terakhir, lakukan teknik psikologi pada anak dengan cara sederhana, misalnya dengan mengingatkan. Dengan melakukan hal tersebut, tak perlu lagi ada kompromi atau tindakan rewel dari anak karena orangtua sudah mengingatkan sebelumnya sehingga anak pun tak bisa mengelak.

"Orangtua memberikan waktu pada anak agar bisa melakukan apa yang dimau namun tetap mengingatkan, di sini ketegasan memang diperlukan," tambahnya.

 


(ELG)