Tips Agar Anak Tak Salah Pilih Teman

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 09 Sep 2016 19:11 WIB
psikologi anak
Tips Agar Anak Tak Salah Pilih Teman
(Foto: Peopleiwanttopunchinthethroat) Si kecil akan mencontoh apa yang orangtuanya lakukan dalam berteman.

Metrotvnews.com, Jakarta: Masa remaja merupakan satu momen dimana anak mulai sibuk bersosialisasi. Bagaimanakah peran orangtua dalam mengawasi agar anak tidak salah pergaulan?

Psikolog anak sekaligus pendiri dari website Keluarga Kita menjelaskan, bawah anak akan mencontoh apa yang orangtuanya lakukan. Demikian juga dalam hal pertemanan. "Orangtua seharusnya memperlihatkan bagaimana cara kita berteman," ujar Najeela Shihab disela acara Pengumuman Pemenang Health Agent Award 2016, Kamis (8/9/2016).

(Baca juga: Tips Agar Anak Tidak Mudah Stres)

Ia menyarankan agar orangtua mengenalkan teman dekat kepada anaknya, agar anak bisa melihat dengan tipikal orang bagaimana dia seharusnya berteman. Di sini orangtua bisa memperlihatkan sisi positif dalam sebuah hubungan pertemanan, yaitu saling membantu.

Ia menambahkan, contoh baik yang ditanamkan orangtua akan lebih tertanam dalam pikiran anak, sehingga meskipun anak melihat contoh yang buruk, ia tidak akan mudah terpengaruh.

"Sebagai orangtua, kita juga perlu mengingatkan bahwa pertemanan tidak hanya dilihat dari segi fisik ataupun materi, namun nilainya dimana pertamanan yang baik akan tetap saling membantu dan menjaga, bukan menjerumuskan," tandasnya. 




 


(TIN)