Keunggulan Tinggal di Apartemen

Tri Kurniawan    •    Kamis, 12 Oct 2017 08:33 WIB
properti
Keunggulan Tinggal di Apartemen
Tinggal di apartemen ada banyak keuntungan. Ilustrasi: Shutterstock

Metrotvnews.com, Jakarta: Tinggal di apartemen menjadi alternatif saat ketersedian lahan untuk membangun rumah tapak (landed house) di kota besar semakin sedikit. Misalnya, di Jakarta. Padatnya penduduk dan sedikitnya lahan, menjadikan apartemen mulai banyak dilirik. Apalagi, menetap di apartemen memiliki sejumlah keuntungan.
 
Ada lima keuntungan tinggal di apartemen, seperti dikutip realestate.com.au, berikut ini.
 
1. Biaya rendah
 
Hidup di apartemen bisa lebih hemat biaya daripada tinggal di rumah tapak. Tagihan listrik cenderung lebih sedikit karena di apartemen penggunaan pengatur suhu ruangan tidak terlalu banyak. Sebab, ruangan di unit apartemen lebih kecil daripada rumah tapak.
 
Kelengkapan fasilitas di apartemen juga bisa membuat Anda menghemat pengeluaran. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk ke pusat kebugaran atau kolam renang, karena dua fasilitas itu biasanya sudah ada di apartemen.


Ilustrasi. Shutterstock

2. Minim perawatan

Unit apartemen hanya memiliki ruangan terbuka berupa balkon, tidak ada halaman bermeter-meter luasnya seperti di sekitar rumah tapak. Artinya, Anda tidak akan repot-repot mengurus pekarangan, seperti menyiram atau memotong rumput.

Ada ruangan terbuka hijau di area tertentu saja, tetapi soal pemeliharaannya urusan pengelola apartemen. Penghuni hanya didiwajibkan membayar iuran pengelolaan lingkungan (IPL). Jika Anda memiliki masalah di apartemen yang Anda sewa, Anda bisa menghubungi pengelola properti dan meminta orang lain mengatasi masalah tersebut.

3. Keamanan dan kerahasian pribadi

Sebagian besar apartemen memiliki beberapa lapisan pintu masuk. Gerbang utama, pintu gedung apartemen, lift, kemudian pintu unit Anda. Untuk melalui pintu di beberapa apartemen, penghuni menggunakan kartu khusus. Sehingga tidak semua orang bisa naik sampai ke unit-unit apartemen.

Pelaku tindak kriminal akan lebih sulit mendapatkan akses ke unit, apalagi kalau pengelola apartemen menerapkan pengamanan tingkat tinggi sejak di gerbang utama. Tamu di apartemen biasanya akan dimintai kartu tanda penduduk. Sekeliling apartemen juga dilengkapi CCTV.

4. Fasilitas tambahan

Apartemen dilengkapi fasilitas yang mungkin tidak Anda dapatkan jika tinggal di rumah tapak, seperti pusat kebugaran, kolam renang, area hiburan di puncak gedung, area barbeque, dan tempat penyimpanan yang aman.


Ilustrasi. Shutterstock

Jika Anda tinggal di daerah perkotaan, salah satu fasilitas di apartemen adalah tempat parkir mobil. Pengelola biasanya membatasi mobil penghuni yang bisa di parkir di apartemen, tetapi yang paling penting mobil Anda aman.

Memiliki tempat parkir mobil yang aman juga bisa menghemat uang Anda dalam perbaikan mobil. Memarkir mobil Anda di jalan di daerah dengan kepadatan tinggi akan sangat berisiko terkena goresan, spion hilang, atau bahkan jendela pecah.

5. Terhindar dari macet

Macet menjadi pemandangan lumrah di kota besar seperti Jakarta. Pagi, masyarakat akan berbondong-bondong ke tengah kota untuk bekerja. Menjelang petang, masyarakat serempak kembali ke rumah masing-masing. Kondisi ini memicu kepadatan arus lalu lintas.

Bagi Anda yang tinggal di apartemen di pusat kota, tentu tidak akan berhadapan dengan kemacetan lalu lintas. Jarak dari apartemen ke tempat bekerja, pusat perbelanjaan, atau pusat hiburan tidak terlalu jauh. Bahkan, bisa dijangkau hanya dengan jalan kaki.

Kalau pun harus menggunakan angkutan umum, banyak apartemen yang sudah terintegrasi dengan angkutan umum, seperti Green Pramuka City di Jakarta Pusat.

Green Pramuka City sejak awal dibangun memerhatikan konsep transit oriented development (TOD). TOD salah satu pendekatan pengembangan kota yang mengadopsi tata ruang campuran dan maksimalisasi penggunaan angkutan massal seperti busway, kereta api kota (MRT), kereta api ringan (LRT), serta dilengkapi jaringan pejalan kaki atau sepeda.

Selain mudah dijangkau menggunakan angkutan umum, di Green Pramuka City ada shelter Bus Damri khusus bandara dan pool layanan kendaraan online. Ini semakin memudahkan penghuni menggunakan transportasi publik.


(TRK)