Pemilihan Kursi Pesawat Cerminkan Tingkat Egoisme Seseorang

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 07 Jan 2018 15:54 WIB
psikologi
Pemilihan Kursi Pesawat Cerminkan Tingkat Egoisme Seseorang
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Posisi duduk di pesawat ternyata dapat menunjukkan kepribadian Anda. Umumnya, ada dua posisi favorit para penumpang, yaitu dekat jendela atau dekat lorong.

Umumnya orang memilih dekat jendela karena ingin melihat pemandangan dan tak ingin privasi terganggu. Sementara, mereka yang dibagian pinggir akan lebih mudah untuk berdiri atau meregangkan tubuh tanpa mengganggu penumpang lain, di mana ini berarti mereka lebih memprioritaskan kebebasan.

Namun, dua psikolog memandang kebiasaa tersebut lebih dalam; mereka yang lebih memilih duduk di dekat jendela cenderung lebih egois dibandingkan mereka yang mau duduk dekat lorong.

"Penumpang yang memilih dekat jendela senang berada dalam kontrol, lebih senang dengan mengurusi urusan sendiri, dan lebih gampang merasa terganggung," ujar  Dr Becky Spelman, kepala psikolog di Harley Street’s Private Therapy Clinic.

Ia menambahkan, tipikal orang ini juga lebih senang mengurung diri dan sibuk dengan diri sendiri.

Psikolog perilaku Jo Hemmings pun berpendapat serupa.

"Penumpang yang duduk dekat lorong cenderung lebih ramah dan pasti lebih bisa menerima orang lain, mereka juga mudah resah dan sulit tidur di pesawat," tambahnya.

Menurut sebuah survei oleh Quartz tahun 2014, kebanyakan orang lebih memilih di dekat lorong. Keinginan untuk duduk dekat jendela semakin kecil seiring dengan meningkatnya pendapatan seseorang.




(DEV)