Ini 3 Alasan Putus Menurut Ilmu Pengetahuan

Torie Natalova    •    Kamis, 31 Aug 2017 12:50 WIB
romansa
Ini 3 Alasan Putus Menurut Ilmu Pengetahuan
Tim ilmuwan dari University of Utah melakukan penelitian untuk menentukan dengan tepat faktor-faktor apa saja yang menentukan apakah jalinan asmara terus dilanjutkan atau tidak. (Foto: Junebug Weddings/Pinterest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjalin sebuah hubungan dengan pasangan tak selamanya berjalan mulus. Anda mungkin pernah berada dalam masalah di mana Anda dan pasangan tak mampu memutuskan apakah terus menjalani hubungan atau mengakhiri kisah asmara.

Tim ilmuwan dari University of Utah melakukan penelitian untuk menentukan dengan tepat faktor-faktor apa saja yang menentukan apakah jalinan asmara terus dilanjutkan atau tidak.



Dan berdasarkan hasil penelitian, alasan utama untuk mengakhiri hubungan Anda dan dia adalah sama, baik untuk Anda yang sudah menikah atau pacaran.

Peneliti utama Samantha Joel mengatakan, sebagian besar penelitian tentang perpisahan telah diprediksi. Namun, hasilnya tetap tidak menunjukkan pasti tentang proses pengambilan keputusan dari sebuah perpisahan.

Ada tiga hal utama yang paling sering memicu sebuah perpisahan baik dalam hubungan asmara dan pernikahan yakni, masalah dengan kepribadian pasangan, melanggar kepercayaan dan ditinggalkan pasangan.

(Baca juga: Tips Merawat Cinta dalam Pernikahan)

Namun, ketika sampai pada memutuskan apakah akan tetap menjalin hubungan, ada perbedaan antara mereka yang telah menikah dan yang belum menikah.

Pasangan yang berkencan rata-rata dua tahun mengatakan alasan positif untuk tetap menjalin hubungan termasuk keintiman emosional dan setengah kepribadian lain. 

Sedangkan mereka yang menikah memiliki alasan utama untuk tetap berkomitmen yakni rasa memiliki, tanggung jawab keluarga dan ketakutan akan ketidakpastian.



Peneliti menyimpulkan bahwa memutuskan hubungan jauh lebih sulit daripada awal mula menjalin sebuah hubungan. Joel mengatakan, putus bisa jadi keputusan yang sangat sulit. Anda mungkin memiliki beberapa masalah yang tidak dapat diselesaikan kemudian ini yang membuat Anda harus putus.

Tapi, jauh dari itu adalah hal yang sangat sulit dilakukan dan semakin lama Anda menjalin hubungan, akan semakin sulit memutuskan.











(TIN)