Persiapan Sebelum Wawancara Kerja

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 03 Mar 2018 08:17 WIB
tips karier
Persiapan Sebelum Wawancara Kerja
Persiapan Sebelum Wawancara Kerja (Foto: ist)

Jakarta: Wawancara adalah salah satu tahap penting dalam seleksi kerja. Oleh karena itu, persiapan yang baik sangat diperlukan.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar semakin mantap saat diwawancarai.

1. Cari tahu struktur organisasi perusahaan
Bukalah situs perusahaan tempat Anda melamar kerja. Fokuslah pada orang-orang senior dan bagaimana kemajuan mereka selama berada dalam perusahaan tersebut. Pengetahuan tersebut akan membantu Anda dalam melihat bagaimana jenjang karier dalam perusahaan tersebut. Hal tersebut biasanya masuk dalam topik wawancara.

2. Perhatikan gaya perusahaan
Setelah melihat nama eksekutif senior, lihatlah bagaimana mereka berbicara dalam konferensi atau acara melalui video. Biasanya, mereka akan mendiskusikan tentang target saat itu dan motivasi dalam perusahaan. Para eksekutif juga sering mempublikasi artikel dan pemikiran mereka di dunia maya.

Mengetahui hal-hal tersebut membuat pewawancara melihat adanya inisiatif dalam diri Anda dan membuat pembicaraan berbobot.

3. Perhatikan kompetitor perusahaan
Ini adalah hal yang penting di mana Anda bisa mengerti kriteria apa yang dibutuhkan oleh perusahaan yang Anda lamar. Selain itu, mencari tahu budaya perusahaan dan bagaimana perlakuan mereka pada pekerja sebelumnya juga menjadi tugas Anda sebelum berhadapan dengan pewawancara.


 


(ELG)