Enam Hal Tabu Saat Merayakan Imlek

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 16 Feb 2018 15:05 WIB
perayaan imlek
Enam Hal Tabu Saat Merayakan Imlek
Dalam Perayaan Imlek tak baik memulai tahun baru dengan kebiasaan tersebut. Selain bubur, daging juga dihindari sebagai bentuk hormat pada dewa Buddha. (Foto: Monika Grabkowska/Unsplash.com)

Jakarta: Jumat 16 Februari 2018 bertepatan dengan tahun Baru Imlek 2569 yang merupakan Tahun Anjing Tanah. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa kebiasaan yang tak sebaiknya tak dilakukan pada hari pertama Imlek. 

Berikut adalah enam hal yang sebarusnya dihindari saat momen Imlek. 

1. Makan obat
Membuat obat-obatan herbal atau minum obat di hari pertama Imlek adalah hal yang tabu karena dipercaya akan membuat orang tersebut sakit sepanjang tahun. 

2. Menyapu atau membuang sampah
Menyapu di hari pertama Imlek dipercaya sama dengan menyingkirkan kekayaan. Sementara, membuang sampah melambangkan membuang keberuntungan atau nasib baik di rumah. 

3. Makan bubur dan daging saat sarapan
Menurut kepercayaan orang miskin sarapan bubur. Oleh karena itu, tak baik memulai tahun baru dengan kebiasaan tersebut. Selain bubur, daging juga dihindari sebagai bentuk hormat pada dewa Buddha. 


(Jumat 16 Februari 2018 bertepatan dengan tahun Baru Imlek 2569 yang merupakan Tahun Anjing Tanah. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa kebiasaan yang tak sebaiknya tak dilakukan pada hari pertama Imlek. Foto: Karen Maes/Unsplash.com)

(Baca juga: Alasan Mengapa Warna Merah Identik dengan Tahun Baru China)

4. Mencuci pakaian dan rambut
Orang yang merayakan Imlek tidak mencuci pakaian dan rambut di hari pertama dan kedua karena dua hari tersebut adalah perayaan untuk dewa Air, Shuishen. 

5. Tidak menjahit
Penggunaan pisau dan gunting sebaiknya dihindari agar tak terjadi kecelakaan, seperti melukai orang yang dipercaya akan mengarah pada hal-hal yang tidak menguntungkan atau penipisan kekayaan di tahun yang akan datang. 

6. Wanita yang sudah menikah tak boleh berkunjung ke rumah orang tuanya
Anak perempuan yang sudah menikah tak diperbolehkan mendatangi orang tuanya di hari raya Imlek karena hal tersebut dipercaya membawa kesialan bagi orang tua dalam hal ekonomi. Biasanya, kebiasaan itu dilakukan pada hari kedua.









(TIN)