Hal Menarik yang Dirasakan Bayi Dalam Kandungan

Anindya Legia Putri    •    Kamis, 28 Dec 2017 12:16 WIB
tumbuh kembang bayi
Hal Menarik yang Dirasakan Bayi Dalam Kandungan
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Tendangan bayi di rahim bisa menjadi hal paling menakjubkan yang dialami wanita dalam hidupnya. Namun, di lain hal hamil bisa menyebabkan ketidaknyamanan, seperti mual-mual, kram, dan rasa sakit saat hamil.

Begitu juga dengan bayi. Bayi mungkin tidak ingat saat ia berada di rahim, namun hal-hal yang dia rasakan dan pelajari selama dalam kandungan ibunya, tetap bersamanya sepanjang hidup. Bukan hanya aspek fisik bayi yang tumbuh selama masa gestasi, bayi juga berkembang secara mental di rahim.

Ada banyak hal menakjubkan yang dirasakan dan dipelajari bayi saat berada di dalam rahim. Teknologi dan sains membuka peluang kita melihat ke rahim dan belajar lebih banyak tentang perilaku bayi di dalam rahim.

Pengetahuan ini dapat digunakan untuk membantu memberi anak-anak kita sebuah awal yang baik bahkan sebelum mereka lahir. Dilansir Boldsky, Rabu, 27 Desember 2017, berikut ini keadan bayi saat dalam kandungan yang mungkin tidak Anda ketahui.

Bayi dalam kandungan bisa merasakan stres

Bayi dalam kandungan bisa merasakan stres saat sang ibu mengalami stres. Melalui USG 3D, bayi di dalam rahim menunjukkan saat mengalami stres, ia menarik lengannya untuk menutupi wajahnya. Ini dianggap sebagai mekanisme protektif.

Hormon dan perubahan tekanan darah pada ibu bisa menjadi alasan mengapa bayi bisa merasakan stres. Karenanya, ibu hamil disarankan untuk tetap menjaga tekanan darah agar bayi tidak stres.

Bayi bisa mencicipi rasa makanan

Saat bayi berumur 20 minggu, indra pencicipannya cukup berkembang. Bayi bisa mencicipi rasa makanan yang ibu konsumsi melalui cairan amnion. Bayi juga bereaksi terhadap rasa yang berbeda.

Bayi mungkin menjadi lebih aktif saat dia merasakan sesuatu yang disukainya. Ibu hamil harus memastikan untuk makan sehat selama kehamilan karena alasan yang baik.

Bayi bisa mengekspresikan emosi

Bayi berusia 36 minggu di rahim dapat menunjukkan ekspresinya melalui otot wajah. Bayi itu tersenyum, mengerutkan kening dan membalikkan bibirnya untuk mengungkapkan kesedihan.

Bayi bisa menangis di dalam rahim

Selama pemindaian ultrasound 3D, banyak bayi terlihat menangis. Ekspresi wajah mereka dengan jelas menunjukkan bahwa bayi menangis di dalam rahim. Suara tangisan bisa terdengar di trimester ketiga jika mikrofon ultrasound digunakan.

Bayi bisa mendengarkan musik

Jika ibu hamil berulang kali bernyanyi atau memainkan lagu, bayi akan mulai menyukai lagu tersebut. Lagu itu bisa tertanam di memori bayi dan dia mungkin akan menunjukkan bahwa dirinya sudah familiar dengan lagu tersebut saat mendengarkannya.


(TRK)