Sofia Jadi Nama Anak Perempuan Terpopuler di Dunia

Sri Yanti Nainggolan    •    Kamis, 26 Oct 2017 15:10 WIB
keluarga
Sofia Jadi Nama Anak Perempuan Terpopuler di Dunia
(Foto: The Independent)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian yang dilakukan situs babynamewizard.com menemukan bahwa nama Sofia paling populer di dunia, menduduki peringkat pertama di delapan negara.

Pemilik situs, Laura Wattenberg, mengumpulkan statistik bama bayi dari 49 negara berbeda sebelum mencetuskan Sofia sebagai pemenang.

Nama Sofia paling disukai para orang tua di Meksiko, Rusia, Argentina, Italia, Swiss, Estonia, Chile and Slovakia. Sementara nama tersebut masuk tiga besar di 20 negara, termasuk Amerika Serikat yang mengejanya dengan Sophia.

"Cukup mengagetkan, perbedaan bahasa dan budaya ternyata memiliki pemikiran yang sama di satu waktu," ungkap Wattenberg pada Live Svience ketika hasil tersebut diumumkan.

Sementara itu, Olivia adalah nama anak perempuan yang tengah digandrungi di Inggris.

Sofia berarti bijaksana dalam bahasa Yunani dan mudah dilafalkan oleh beberapa lidah orang dari berbagai bahasa sehingga menarik secara global.

Nama ini juga penting bagi filsafat Helenistik dan mengacu pada dewi kebijaksanaan oleh kaum Gnostik.

Dalam beberapa alur kekristenan ortodoks, Hagia Sophia juga dipahami sebagai orang kedua dalam Tritunggal Mahakudus dan disebutkan dalam Perjanjian Lama.

Terlepas dari konteks agama, terdapat spekulasi popularitas nama tersebut melonjak karena terilhami dari nama para selebriti seperti Sofia Vergara dan Sophia Loren dari acara TV Modern Family atau model Sofia Ritchie.




(DEV)