Pentingnya Biasakan Anak Membaca Sejak Dini

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 11 Oct 2016 15:40 WIB
psikologi anak
Pentingnya Biasakan Anak Membaca Sejak Dini
Salah satu manfaat lain dari bercerita bagi anak adalah, tumbuhnya imajinasi dalam diri anak. (Foto: Highlights)

Metrotvnews.com, Jakarta: Membentuk kebiasaan baik sebaiknya dimulai sejak anak berusia dini. Agar anak bisa menyerapnya, sebaiknya pilihlah cara membentuk kebiasaan yang sifatnya menyenangkan, seperti bercerita atau mendongeng.

"Pada dasarnya, pekerjaan anak itu kan main. Jadi pilihlah strategi yang menyenangkan disertai dengan unsur bermain agar mereka mudah menyerap nilai positif yang ingin diajarkan," tukas psikolog klinis anak Vera Itabiliana, Psi, dalam acara peluncuran Cerita Petualangan Mama Sigi dan Pepo, Selasa (11/10/2016).

(Baca juga: Manfaat Membaca Sebelum Tidur)

Secara umum, bercerita dapat membantu anak dalam perkembangan persepsi, memori, proses berpikir, bahasa, intelegensi, perasaan, dan emosi. Selain itu, anak juga mendapatkan manfaat lain, seperti belajar berkomunikasi secara efektif dan memperkuat hubungan interpersonal, terutama dengan orangtua.

"Saat anak mendengarkan cerita dari orangtua, terbentuk kedekatan fisik dan emosi antara ibu dan anak. Dan kedekatan tersebut membuat anak menjadi mudah dikontrol," tambahnya.

Salah satu manfaat lain dari bercerita bagi anak adalah, tumbuhnya imajinasi dalam diri dimana usia tersebut adalah usia dengan tingkat imajinasi tinggi.

"Hewan yang bisa ngomong tentu menarik perhatian anak, sehingga apa yang diajarkan menjadi semakin mudah terserap dan membuat diri mereka juga senang karena menarik," tutupnya.








(TIN)