7 Resolusi untuk Menjadikan Hidup Anda Lebih Baik

Pelangi Karismakristi    •    Rabu, 04 Jan 2017 07:05 WIB
keluarga
7 Resolusi untuk Menjadikan Hidup Anda Lebih Baik
(Foto:Shutterstock)



Metrotvnews.com, Jakarta: Tahun sudah berganti baru, tentu akan banyak hal baru yang muncul, termasuk sebuah perubahan untuk diri Anda dan keluarga. Sudahkah Anda memikirkan resolusi tahun baru? Jika belum, ada tujuh resolusi keren yang bisa menginspirasi Anda.


1. Berdonasi barang bekas layak pakai


Dalam satu tahun atau beberapa tahun terakhir, Anda dan keluarga memiliki banyak barang yang tak terpakai. Mulailah dengan menyisir lemari pakaian terlebih dahulu. Kebanyakan orang ingin selalu memiliki pakaian yang sesuai tren. Jangan biarkan lemari Anda sesak dengan baju yang sudah tak terpakai. Kemudian, mulai bongkar gudang tempat penyimpanan barang, pilih-pilih apa yang sekiranya masih dibutuhkan.


Selain itu, Anda juga bisa berbenah ruang demi ruangan yang ada di rumah. Setelah terkumpul, sebaiknya barang-barang yang masih layak pakai didonasikan kepada mereka yang membutuhkan. Lebih baik lagi, ajak anak Anda untuk memilah-milah barang atau baju yang sudah tak terpakai dan beri ia pengertian tentang pentingnya berbagi kepada sesama. Kini, rumah Anda menjadi lebih rapi, ditambah lagi bisa menanamkan edukasi kepada anak tentang nilai berbagi.


2. Menabung


Bagaimana dengan pengeluaran Anda tahun ini? Apakah telah seimbang dengan pemasukan, atau justru banyak melakukan pemborosan?


Lakukan introspeksi pengeluaran dan dan buatlah daftar prioritas barang-barang yang memang dibutuhkan, pangkas anggaran untuk hal yang tidak diperlukan. Susun daftar semua tagihan yang harus dibayar setiap bulannya, seperti asuransi kesehatan, pembayaran cicilan mobil, rumah, biaya sekolah anak, dan lainnya.


Buat juga daftar yang diperlukan untuk biaya tagihan listrik dan telepon, serta bahan makanan. Catat semua perkiraan anggaran. Lakukan pemotongan anggaran jika menurut Anda terlalu berlebihan.


Dari semua rencana dana yang dipangkas itu, alokasikanlah dana untuk menabung. Secara tidak sadar, Anda mengakui bahwa menabung sangat penting dan banyak manfaatnya. Sisihkanlah pendapatan Anda untuk ditabung. Buatkan pula rekening tabungan untuk buah hati Anda sejak dini, ini akan sangat dirasakan manfaatnya ketika ia tumbuh besar. Ajari pula anak untuk menabung. Misalnya, dengan menyediakan celengan untuk menabung sisa uang jajan.


3. Jalani pola hidup sehat



(Foto:Lifehack)


Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kesehatan itu mahal harganya, bahkan ada yang menganggap bahwa kesehatan adalah salah satu investasi masa depan. Lihatlah kembali bagaimana kesehatan Anda sepanjang tahun. Apabila hasilnya tak memuaskan, mulai mengatur pola hidup sehat untuk menghindari penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh.


Mulailah resolusi tahun depan dengan menjalani pola hidup sehat. Caranya tidak sulit. Biasakan tidur teratur dan cukup, konsumsi makanan sehat, rajin berolahraga, jauhi junk food, rokok, dan minuman beralkohol.


Hal ini pun dikatakan oleh ahli kesehatan, bahwa salah satu hal yang perlu disiapkan untuk resolusi tahun 2017 adalah menjadikan pola hidup sehat sebagai rutinitas sehari-hari. Tentu saja, Anda harus konsisten menjalaninya.


"Ini adalah waktu di mana semua orang akan membuat yang terbaik dalam hidupnya. Tidak disarankan untuk makan berlebihan. Kurangi karbohidrat, ganti dengan makan sayur dan buah-buahan," kata Dr. Keisha Callins dari Marian Worthy Women's Health Center.


4. Biasakan rumah dalam keadaan bersih



(Foto:Watchdollhouseweek)


Ini harus menjadi bagian penting dalam resolusi tahun baru. Suasana rumah yang bersih akan mempengaruhi kehidupan di dalamnya. Kondisi rumah yang berantakan, perabot rumah tangga yang kotor, akan menimbulkan suasana tidak nyaman dan membuat anggota keluarga tidak betah di rumah.


Masukkan "kebersihan rumah" dalam agenda resolusi tahun baru Anda. Tanamkan kebiasaan menjaga kebersihan dan higienitas rumah serta perabotan. Selain membuat rumah nyaman dipandang mata, cara ini juga bermanfaat untuk melindungi Anda sekeluarga dari kuman penyakit. Oleh karena itu, buat jadwal rutin membersihkan setiap bagian rumah Anda.


Dalam membersihkan rumah, diperlukan produk yang mendukung. Unilever memiliki rangkaian produk yang akan membantu Anda menjaga kebersihan rumah. Mulai dari peralatan dapur, lantai, hingga kamar mandi. Misalnya, Sunlight. Dengan ekstrak jeruk nipis asli,lebih cepat membersihkan lemak membandel yang menempel di peralatan masak dan makan Anda Dengan demikian, dapur Anda senantiasa bersih bersinar dengan Sunlight


Untuk membersihkan lantai, percayakan kepada Superpell. Cairan pembersih lantai ini mampu membersihkan lantai dengan wangi yang menyegarkan dan menjadikan lantai berkilau. Yang tak kalah penting untuk dijaga kebersihannya adalah kamar mandi. Kini, membersihkan kamar mandi menjadi lebih mudah dengan Vixal yang lebih tangguh menghilangkan noda dan kerak membandel. Kamar mandi pun menjadi bersih maksimal.


Nah, agar Anda bisa membersihkan rumah dengan produk pembersih dari Unilever, datang saja ke Blibli.com dan dapatkan paket hematnya di sana.


5. Hidup sederhana


Tanamkan rasa bersyukur dan pola hidup sederhana. Resolusikan untuk hidup sederhana mulai tahun depan. Anda bisa melakukan beberapa cara untuk bisa menjalani hidup sederhana. Antara lain dengan mempertimbangkan apa yang menjadi prioritas, sehingga Anda bisa menimbang-nimbang apa yang benar-benar dibutuhkan dan mana yang hanya kategori "lapar mata." Jangan mengkonsumsi atau membeli barang yang tidak perlu. Sesekali jika Anda jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, jangan berbelanja di luar daftar yang diperlukan.


Kurangi kebiasaan jajan makanan di restauran atau kafe. Mulai memasak sendiri makanan sehari-hari. Memasak sendiri terbukti bisa menekan pengeluaran, ketimbang membeli makanan di luar.


6. Manjakan diri sesekali



(Foto:Loudfront.net)


Melakukan banyak rutinitas seringkali membuat Anda jenuh dan butuh waktu untuk sendiri. Tak ada salahnya sesekali memanjakan diri sendiri atau melakukan "me time".


Banyak hal bisa Anda lakukan, misalnya pergi ke salon untuk melakukan perawatan tubuh, tidur tanpa gangguan, pergi ke pusat kebugaran, hangout bersama teman-teman, menghabiskan waktu dengan keluarga, menjalani hobi, dan lain sebagainya.


Dilansir Mindbodygreen, meluangkan waktu sejenak untuk "me time" sangat disarankan. Selain memberikan perasaan bahagia, memanjakan diri sendiri juga akan menyegarkan kinerja otak, meningkatkan konsentrasi, membuat Anda lebih produktif, selalu berpikiran tajam, membuat Anda lebih rileks, memberikan ruang bagi diri sendiri, dan membantu dalam memecahkan masalah.


Memanjakan diri juga ampuh untuk menjaga kualitas hubungan dengan pasangan. Sebuah studi dari University of Michigan menyebutkan, kurangnya waktu untuk memanjakan diri adalah penyebab besar pernikahan tidak bahagia.


7. Lakukan yang terbaik


Setelah menyusun banyak rencana resolusi untuk tahun depan, usahakan jangan sampai gagal. Anda harus memiliki target untuk menggapainya. Lakukan satu demi satu dan konsisten. Berusahalah melakukan yang terbaik.




(ROS)