Tips Menyimpan Keju

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 31 May 2017 08:18 WIB
tips & trik
Tips Menyimpan Keju
Karena keju memiliki bakteri di dalamnya, maka penyimpanan sebaiknya berpori-pori agar bisa tetap bernapas. (Foto: Pinterest/Thefifthwatches.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Keju adalah salah satu bahan makanan yang kerap digunakan, entah sebagai pemanis atau bahan utama makanan. Namun, tak jarang yang menyimpan sisa keju di kulkas untuk bisa digunakan kemudian hari. Bagaimanakah cara menyimpan keju yang baik?

"Karena keju memiliki bakteri di dalamnya, maka penyimpanan sebaiknya berpori-pori agar bisa tetap bernapas," tukas food blogger Endang Indriani dalam temu media Kraft Berbagi Kreasi pada Selasa (30/5/17) lalu.



(Baca juga: Studi: Makan Keju Setiap Hari Baik untuk Kesehatan Jantung)

Oleh karena itu, lanjutnya, lebih baik keju disimpan dalam kertas lilin atau kertas baking (kertas yang biasa digunakan untuk memanggang roti) karena sifatnya yang tidak membungkus rapat. Setelah itu, barulah bungkus keju dengan plastik atau minyak aluminium.

Namun, Endang menyarankan agar keju kembali dipakai setelah disimpan selama 3-5 hari dibuka dalam keadaan lemari pendingin yang rapat.

"Intinya, keju masih bisa dipakai jika tidak berlendir atau berjamur dalam lemari pendingin," katanya.

Sementara itu, umumnya bagian pinggir keju akan mengeras saat didinginkan. Hal itu tergolong normal dan tidak membahayakan asalkan dimasak dengan baik.








(TIN)