Sayangi Diri Sendiri Sebelum Mencintai Orang Lain

Raka Lestari    •    Senin, 30 Apr 2018 07:18 WIB
romansapsikologi
Sayangi Diri Sendiri Sebelum Mencintai Orang Lain
Sayangi Diri Sendiri Sebelum Mencintai Orang Lain (Foto: gettyimages)

Jakarta: Banyak orang yang masih lajang dan sering sekali mendapatkan pertanyaan seperti ''Mengapa kamu masih sendiri?". Kebanyakan mereka yang masih lajang tidak memiliki penjelasan mengapa hingga kini mereka masih sendiri. Atau ada juga yang berpikir bahwa alasan mereka masih lajang adalah karena masalah komitmen. Atau ada juga yang menganut pepatah "belum menemukan orang yang tepat."

Namun menurut seorang psikolog, Melanie Schilling, ada satu alasan mengapa banyak dari kita yang masih lajang adalah karena self-sabotage. Ini adalah kondisi yang seringkali tidak disadari oleh mereka yang masih lajang. Menurutnya, kebanyakan orang memainkan peranan penting dalam membuat mereka tetap menjadi single.

Dia menggambarkan sabotase diri sebagai secara aktif merusak dan memblokir peluang untuk interaksi sosial atau potensi kencan. Secara mendasar mereka mengatakan pada dunia bahwa Anda tidak tertarik pada suatu hubungan, baik secara sadar atau tidak sadar. Bahkan jika Anda merasa bahwa tidak memiliki pasangan dilakukan secara sukarela, mungkin itu terjadi karena tindakan Anda sendiri.

"Sangat umum untuk menyalahkan faktor eksternal misalnya, 'terlalu dingin, saya akan mulai berkencan setelah musim dingin' atau 'tidak ada lelaki yang cocok' dan sebagainya. Dan inti dari kebanyakan sabotase diri adalah rasa takut," kata Schilling kepada HuffPost Australia.

Dapat dimengerti bahwa banyak orang menahan diri untuk melindungi diri agar tidak terluka. Ini terjad umumnya karena  rasa takut akan penolakan dan keinginan untuk mencoba terlihat tidak mudah didapatkan.

"Sering kali ketika orang-orang secara emosional terluka di masa lalu itu adalah hal yang umum untuk melindungi diri. Tapi ada perbedaan antara bersikap skeptis secara sehat dan merusak kebahagiaan Anda sendiri," jelas Schilling.

Banyak orang yang tanpa sadar merusak peluang mereka untuk menemukan cinta setidaknya memiliki satu dari tiga jenis keyakinan kencan negatif, yaitu merasa lebih baik sendiri, takut ditipu oleh pasangan, atau tidak memiliki waktu untuk berpacaran. Menurut Schilling, Anda belum siap berkencan jika Anda masih mempercayai keyakinan-keyakinan negatif tersebut.

Lalu apa yang harus Anda lakukan? Ini mungkin klise, tetapi Schilling percaya bahwa Anda harus belajar mencintai diri sendiri sebelum Anda dapat mencintai orang lain. "Menyayangi diri sendiri dan merawat diri sendiri adalah langkah pertama dalam menarik dan mengembangkan hubungan positif," katanya.


 


(ELG)