Keluarga yang Sering Beraktivitas Bersama Cenderung Lebih Bahagia

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 29 Apr 2018 18:04 WIB
keluarga
Keluarga yang Sering Beraktivitas Bersama Cenderung Lebih Bahagia
Keluarga yang Sering Beraktivitas Bersama Cenderung Lebih Bahagia (Foto: shutterstock)

Jakarta: Sebuah penelitian menemukan bahwa keluarga yang sering  menghabiskan waktu bersama di luar ruangan cenderung lebih bahagia.

Para peneliti dari  Center Parcs Ireland tersebut menyebutkan bahwa 67 persen keluarga yang disurvei cenderung aktif secara fisik. Bahkan, 10 persen diantaranya mengaku sangat aktif.

Artinya, aktivitas fisik adalah kontributor kunci dalam kebersamaan keluarga dan 48 persen dari keluarga yang aktif merasa lebih kuat dalam hubungan dibandingkan keluarga yang jarang beraktivitas bersama.

Meskipun keluarga tersebut sehat, sebanyak 56 persen orang tua tetap ingin lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga.

"Penelitian ini secara kuat menunjukkan bahwa aktivitas fisik kolektif dalam sebuah keluarga menciptakan momen untuk pengalaman bersama, yang pada gilirannya memberikan kontribusi positif pada kebersamaan," kata peneliti Dr. Colman Noctor.

Sebagai perbandingan, satu dari tiga keluarga Irlandia menggambarkan diri mereka sebagai tidak aktif dan survei menemukan bahwa keluarga-keluarga tersebut memiliki tingkat kebersamaan keluarga atau kebahagiaan yang jauh lebih rendah.

Sesuatu yang sangat sederhana seperti berjalan bersama anjing adalah kegiatan utama yang dinikmati keluarga, diikuti dengan pergi ke pantai dan berenang bersama.

 


(ELG)