Mainan Seperti Apa yang Baik untuk Menstimulasi Bayi?

Raka Lestari    •    Minggu, 06 May 2018 11:23 WIB
tumbuh kembang bayi
Mainan Seperti Apa yang Baik untuk Menstimulasi Bayi?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Mainan memang termasuk kebutuhan sekunder bayi. Tetapi, bukan berarti tidak penting. Mainan merupakan medium yang bagus untuk menstimulasi tumbuh kembang bayi.

Namun, berapa banyak mainan yang wajar dimiliki bayi, dan yang seperti apa?

Menurut Vicki Sherman, psikoterapis dari Houston, Amerika Serikat, bayi sebaiknya memiliki tiga sampai lima hal menarik untuk dimainkan.  Dalam wawancara dengan Romper, dia menjelaskan, "Bayi tidak harus memiliki 10 mainan. Tiga hingga lima hal menarik untuk dilihat dan dirasakan sudah cukup."

Sherman juga mengatakan bahwa bayi tidak perlu sesuatu yang khusus dijual sebagai mainan. Sebagai gantinya, tupperware, bola, panci, bahkan wajan bisa berfungsi sebagai mainan bayi.

Sherman juga mengatakan, mainan untuk bayi tidak harus selalu berbentuk binatang, namun mainan yang memiliki tekstur dan warna beragam juga bisa dipilih.

Pilihan yang bisa digunakan sebagai mainan untuk bayi adalah mainan yang bisa dibuka dan ditutup, dengan demikian mereka bisa memainkannya berulang-ulang dan menstimulasi ingatan bayi.

Terapis okupasi Christie Kiley, penulis blog MamaOT, mengemukakan baby gym adalah salah satu mainan bayi paling serbaguna.

Dengan begitu banyak pilihan baby gym, Anda bisa menggantung berbagai objek diatas bayi sehingga mereka bisa langsung terstimulasi.

Baby gym adalah pilihan mainan yang tepat yang dapat mengajarkan sejumlah keterampilan, termasuk meraih dan menggenggam, dan menyatukan kedua tangan bayi di garis tengah, keterampilan perkembangan kritis yang sebagian besar orang tua sama sekali tidak menyadarinya.

Baby gym juga dapat memberikan selingan yang menyenangkan untuk bayi ketika mereka merasa bosan dengan mainan yang ada.

Lihat video:




(DEV)