Survei: 50 Persen Wanita Tak Keberatan Membayar Tagihan pada Kencan Pertama

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 08 Jul 2018 09:13 WIB
romansa
Survei: 50 Persen Wanita Tak Keberatan Membayar Tagihan pada Kencan Pertama
(Foto: Men's Quest)

Jakarta: Sebuah studi dari aplikasi kencan Badoo menyebutkan bahwa 65 persen wanita tak keberatan membayar saat kencan pertama. Survei yang melibatkan lebih dari 2.000 wanita Inggris berusia 18-30 tahun tersebut menemukan bahwa lebih dari setengah partisipan (62 persen) lebih memilih membayar pengeluaran mereka sendiri.

Jajak pendapat tersebut juga menunjukkan bahwa 74 persen wanita Inggris yang menggunakan aplikasi kencan membuat pergerakan pertama dan memulai pembicaraan terlebih dahulu dengan pasangan baru.

Menurut psikolog Badoo dan ahli kencan Claire Stott, hal itu dikarenakan rasa percaya diri, yang merupakan salah satu kualitas paling menarik dalam calon pasangan.

Siapa yang Harus Membayar Tagihan saat Kencan Pertama?

"Wanita yang berinisiatif dan membayar untuk kencan memancarkan rasa percaya diri. Sama halnya, pria yang percaya diri seharusnya tidak menemukan masalah pada wanita yang mengambil kendali dengan cara ini. Ini memperkuat setiap tindakan gender; hanya pria yang tidak percaya diri yang melihatnya sebagai ancaman."

Stott juga menambahkan bahwa wanita sadar akan tekanan keuangan yang dapat terjadi pada pria dan mereka tidak ingin mengambil keuntungan.

Menurutnya, pria yang memiliki pandangan tradisional (dan ketinggalan zaman) tentang membayar dan selalu mengajak kencan duluan cenderung menghadapi kelelahan secara emosional dan keuangan.

“Wanita modern menyadari hal ini dan sebagian besar tidak ingin mengambil keuntungan.”

Tentu saja, tidak semua pasangan heteroseksual menganggap bahwa kebiasaan dimana pria membayar biaya kencan adalah sesuatu yang sudah kuno.

Sebaliknya, faktor penentu siapa yang harus membayar untuk kencan menjadi lebih tidak memihak. Pada dasarnya tak ada cara yang benar atau salah dalam membayar tagihan kencan pertama.




(DEV)