Manfaat Memiliki Saudara Perempuan

Raka Lestari    •    Senin, 12 Mar 2018 12:42 WIB
keluargapsikologi
Manfaat Memiliki Saudara Perempuan
Sebuah survei tahun 2009 yang dilakukan oleh psikolog Inggris mengungkapkan bahwa orang-orang yang dibesarkan dengan setidaknya satu saudara perempuan lebih mandiri. (Foto: Michal Janek/Unsplash,com)

Jakarta: Penelitian menunjukkan bahwa ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan memiliki saudara perempuan.

"Memiliki saudara perempuan dapat membantu Anda mengembangkan keterampilan sosial, seperti komunikasi, kompromi dan negosiasi," kata Alex Jensen, asisten profesor di School of Family Life di Universitas Brigham Young.

"Bahkan, pertengkaran kecil antara saudara perempuan dapat meningkatkan perkembangan kesehatan." Inilah alasan mengapa memiliki saudara perempuan bisa memiliki banyak manfaat.

1. Memiliki saudara perempuan dapat meningkatkan kesehatan mental
Sebuah studi pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Family Psychology menunjukkan memiliki saudara perempuan dapat meningkatkan kesehatan mental dan tingkat percaya diri Anda.

Secara khusus, para peneliti dari Universitas Brigham Young menemukan saudara perempuan membantu melindungi saudara mereka dari "merasa kesepian, tidak dicintai, bersalah, sadar diri, dan takut."

(Baca juga: Punya Saudara Kandung Bantu Tingkatkan Kemampuan Berkencan)


(Sebuah studi pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Family Psychology menunjukkan memiliki saudara perempuan dapat meningkatkan kesehatan mental dan tingkat percaya diri Anda. Foto: Sejunti Kundu/Unsplash.com)

2. Bantu mempertajam kemampuan interpersonal
Ternyata memiliki saudara perempuan bisa mengajari Anda banyak tentang cara menyelesaikan konflik, empati, dan bagaimana merawat orang lain. Menurut Jeffrey Kluger, penulis The Sibling Effect, Anda bisa belajar bagaimana menghadapi argumen yang sulit atau situasi yang sulit yang didapat dari sikap kakak perempuan yang bersifat agresif atau mengintimidasi.

Di sisi lain,  memiliki adik perempuan yang sering merasa insecure atau membutuhkan bimbingan dapat membuat Anda menjadi lebih berempati terhadap orang lain.

3. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi
Penelitian telah menemukan bahwa saudara laki-laki yang tumbuh dengan saudara perempuan memiliki kemampuan berkomunikasi yang lebih baik dengan wanita daripada mereka yang anak tunggal atau hanya memiliki saudara laki-laki, begitu juga sebaliknya.

4. Mengajarkan lebih mandiri dan ambisius
Sebuah survei tahun 2009 yang dilakukan oleh psikolog Inggris mengungkapkan bahwa orang-orang yang dibesarkan dengan setidaknya satu saudara perempuan lebih mandiri daripada mereka yang tumbuh dengan hanya saudara laki-laki.

Tony Cassidy dari Universitas Ulster mengatakan kepada Daily Mail, "Ini berhubungan dengan keinginan dari dalam diri untuk melakukan hal-hal dengan lebih baik setiap saat, dan juga untuk mencapai tujuan."









(TIN)