Menjadi Seorang Ibu Sama dengan Mengerjakan 2,5 Pekerjaan Sekaligus

Raka Lestari    •    Jumat, 23 Mar 2018 10:00 WIB
keluarga
Menjadi Seorang Ibu Sama dengan Mengerjakan 2,5 Pekerjaan Sekaligus
Sebuah studi tahun 2013 yang dilakukan oleh Jul_Eye juga menemukan bahwa daftar tugas dari seorang ibu rata-rata terdiri dari 26 tugas. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Mengganti popok, mengatur jadwal anak-anak, mengurus kebersihan rumah, mengurus diri sendiri, dan masih banyak lagi tugas-tugas yang harus dilakukan oleh seorang ibu. Dan menjadi seorang ibu bukanlah sesuatu yang main-main. Menjaga anak-anak adalah pekerjaan penuh waktu. 

Bahkan dilansir dari Independent, menjadi ibu bahkan setara dengan mengerjakan 2,5 pekerjaan. Menurut penelitian baru-baru ini, waktu yang dihabiskan ibu untuk tugas yang berhubungan dengan orang tua setara dengan jam kerja selama 98 jam. 

US survey terhadap 2000 ibu dari anak-anak berusia 5 - 12 tahun menunjukkan bahwa rata-rata ibu akan "mulai bekerja" pada pukul 6.23 pagi dan terus melakukan tugas keibuan sampai pukul 8.31 malam pada hari biasa. 


(Sebuah studi tahun 2013 yang dilakukan oleh Jul_Eye juga menemukan bahwa daftar tugas dari seorang ibu rata-rata terdiri dari 26 tugas. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: Studi: Ibu yang Berpikiran Terbuka Membuat Anak Lebih Kreatif)

Jumlah tersebut setara dengan 14 jam waktu kerja per hari selama satu minggu penuh. Berbeda jauh dari waktu kerja normal. Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa 40 persen ibu merasa hidupnya didominasi oleh daftar hal-hal yang tidak ada habisnya. 

Sebuah studi tahun 2013 yang dilakukan oleh Jul_Eye juga menemukan bahwa daftar tugas dari seorang ibu rata-rata terdiri dari 26 tugas, termasuk juga mengorganisir makanan ringan, membuat sarapan, dan mengingat tanggal-tanggal penting. Banyak orang yang menyebutkan bahwa menjadi ibu adalah pekerjaan yang terhebat, namun mungkin juga yang terberat. 







(TIN)