Lima Hal soal Pernikahan takkan Dikatakan Orang Tua

Pelangi Karismakristi    •    Selasa, 09 Jan 2018 12:05 WIB
pernikahankeluarga
Lima Hal soal Pernikahan takkan Dikatakan Orang Tua
Ilustrasi. Shutterstock

Jakarta: Setiap wanita mungkin pernah mendapat cerita dari orang tuanya bahwa pernikahan bagian penting dalam kehidupan. Orang tua menginginkan putrinya menikah dengan pasangan hidup yang terbaik dan bahagia selamanya.

Meski ada banyak hal yang dikatakan orang tua pada anak gadisnya tentang sisi positif pernikahan, ada juga hal yang tidak orang tua jelaskan karena mereka ingin putrinya belajar dan memahami sendiri. Berikut lima hal yang orang tua tidak sampaikan tentang pernikahan:

1. Akan ada banyak kompromi

Meski orang tua mengisyaratkan dalam pernikahan dibutuhkan kompromi, namun mereka tak menjelaskan sampai sejauh mana pasangan suami istri perlu melakukannya. Sebuah pernikahan yang sukses butuh usaha, dedikasi, komitmen, penyesuaian dan lainnya. Seseorang pasti akan memerlukan kompromi tapi bukan berarti juga mengorbankan harga diri dan rasa hormat.

2. Tumbuh karena cinta

Banyak gadis dewasa pernah mendengar kisah seorang pangeran tampan yang menikah dan bahagia selamanya. Namun, orang tua tak akan pernah mengatakan bahwa jatuh cinta pada pasangan dan kehidupan akan rumit setelah menikah. Meski tidak semuanya rumit, tapi perlu diketahui bahwa menikah ibarat Anda sedang mengantre naik roller coaster.

Klik: Penelitian: Makan dengan Cepat Mudah Tingkatkan Obesitas

3. Tanggung jawab tak berakhir

Tidak semua orang tua menyiapkan anaknya dengan segudang tanggung jawab yang akan dijalani setelah menikah. Bila si anak bekerja, dia harus bisa menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaannya.

Jika memutuskan menjadi ibu rumah tangga, ia mungkin akan meminta sedikit bantuan dari orang lain. Apapun keputusan yang diambil, tidak hanya akan berimbas pada dirinya sendiri melainkan juga untuk pasangannya.

4. Perlu me time dan privasi

Setiap orang membutuhkan ruang untuk sendiri, ini juga berlaku untuk orang yang sudah menikah. Sayang, tidak semua orang tua memberi tahu putrinya soal pentingnya privasi dalam kehidupan pernikahan.

Karena hidup bersama pasangan, dia harus berbagi segalanya. Namun ini tak selalu benar, tak ada salahnya bagi wanita yang sudah menikah meluangkan sedikit ruang untuk privasinya.

5. Perceraian

Setiap orang tua menginginkan pernikahan putrinya berjalan baik-baik saja dan jauh dari kata cerai. Tapi berbeda bila di tengah jalan terjadi hal yang sudah tak bisa ditoleransi. Perceraian tidak berarti hidup akan terhenti, Anda bisa menjalankan kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.

Klik: Kelebihan Berat Badan Sebabkan Wanita Sulit Hamil?
 


(TRK)