Ingin Anak Disiplin? Bisa dengan Cara Ini

   •    Selasa, 11 Dec 2018 17:13 WIB
keluarga
Ingin Anak Disiplin? Bisa dengan Cara Ini
Daripada mencoba menghukum si anak atas kesalahan yang diperbuat jadikanlah disiplin sebagai strategi alat untuk mengajar. (Foto: Ilustrasi. Dok. Ramdan Authentic/Unsplash.com)

Jakarta: Meski kini pola asuh bergaya "tangan besi" sudah mulai ditinggalkan, namun peran orang tua tetap perlu mengajarkan disiplin pada anak sedini mungkin. Kedisiplinan akan membantu si anak memahami konsep salah dan benar.

Menerapkan kedisiplinan pada anak membutuhkan keterampilan dan kesabaran. Sikap disiplin merupakan sikap yang perlu dibentuk dengan tahap yang cukup panjang.

Menurut Jerry Wyckoff psikolog dan administrator pendidikan mengatakan, bahwa daripada mencoba menghukum  si anak atas kesalahan yang diperbuat jadikanlah disiplin sebagai strategi alat untuk mengajar.

Dilansir dari BabyCenter, ketika Anda ingin si anak disiplin di kelas, ingatlah ada dua hal yang dibutuhkan untuk memelajarinya, yaitu kemampuan dan motivasi.

Dengan begitu, ada beberapa prinsip disiplin secara teratur yang terdiri dari perhatian positif, kerjasama, dan ketegasan. Berikut penjelasannya.


(Menerapkan kedisiplinan pada anak membutuhkan keterampilan dan kesabaran. Sikap disiplin merupakan sikap yang perlu dibentuk dengan tahap yang cukup panjang. Foto: Jordan Whitt/Unsplash.com)

(Baca juga: Widi Mulia Mulai Ajari Anak Gaya Hidup Ramah Lingkungan)

1. Perhatian positif
Yang dimaksud dari perhatian positif di sini Anda dapat memberikan pujian terhadap anak yang berperilaku baik.

Pujilah si anak dengan tulus saat melakukan hal-hal yang baik. Lakukan pujian dengan kontak mata, ekspresi wajah yang menyenangkan, dan gunakan intonasi yang ramah.

2. Kerja sama
Semakin bertambahnya usia si anak, semakin beragam ulahnya termasuk ulah yang membuat Anda kesal. Karena itu, Anda dapat membuat aturan bersama yang sudah disepakati anak. Namun Anda juga harus aktif mengingatkan agar anak merasa aturan tersebut berlaku.

3. Ketegasan
Ini adalah tahap selanjutnya untuk memantau aturan yang sudah Anda buat sebelumnya. Jika berharap anak tumbuh disiplin, sikap tegas terhadap aturan pun perlu dilakukan.


Maria Fransiska




(TIN)