Selamat Pagi Indonesia

Hanya 10 Menit untuk Menumbuhkan Minat Baca Anak

   •    Rabu, 17 May 2017 12:55 WIB
bukuminat baca
Hanya 10 Menit untuk Menumbuhkan Minat Baca Anak
ilustrasi. (Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penulis dan penerbit buku Rabbit Hole Devi Raissa mengatakan kehadiran gawai sebagai bagian dari kecanggihan teknologi sangat berpengaruh terhadap minat baca anak. Anak-anak masa kini lebih menyukai gadget ketimbang buku.

Padahal, menurut Devi, menumbuhkan minat baca terhadap anak tidaklah sulit. Sejak usia 6 bulan anak sudah bisa diperkenalkan dengan buku.

"Kalau anak dibiasakan dibacakan buku sejak bayi, sejak belum bisa bicara, dia akan merasa bahwa buku itu sudah menjadi kebutuhan. Nantinya dia akan membaca buku tanpa ada paksaan," ujar Devi, dalam Selamat Pagi Indonesia, Selasa Rabu 17 Mei 2017.

Devi mengatakan mendongeng dan membacakan cerita sejak anak masih bayi juga bisa menjadi sarana bagi orang tua untuk membangun ikatan dan komunikasi dengan anak. 10 menit setiap hari cukup bagi orang tua untuk mendekatkan anak dengan buku.

"10 menit sebelum tidur atau pada saat anak bangun sebelum orang tua bekerja bisa dibacakan. Setiap hari 10 menit asal konsisten sudah cukup," katanya.

Selain itu, orang tua juga harus menjadi role model agar anak mau membaca buku. Jangan sampai orang tua memerintahkan anak membaca, namun sambil bermain gawai. Bacakan pula buku-buku atau dongeng yang sesuai dengan usia perkembangan anak.

"Jadi bukan kuantitas, yang penting kualitas. Makanya 10 menit itu enggak apa-apa asalkan kualitasnya terbangun. Perhatian ke anak, tanya jawab, peluk anak, bisa dilakukan sebelum tidur atau ketika anak bangun," jelas Devi.




(MEL)